Dede Rahmawati , - (2025) ANALISIS FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT PEMBENTUKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMA NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - DEDE RAHMAWATI.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL - DEDE RAHMAWATI.pdf Restricted to Hanya staf Download (3476Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - DEDE RAHMAWATI.pdf Download (2736Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pembentukan Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri 7 Bandar Lampung, serta solusi yang diupayakan dalam pembentukan Profil Pelajar Pancasila di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskripif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu teknik wawancara dengan informan guru dan siswa serta teknik observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukkan profil pelajar Pancasila di SMA Negeri 7 Bandar Lampung terdapat faktor-faktor pendukung internal diantaranya terdapat mata pelajaran PPKn dan Pembiasaan bersalaman yang menjadi alternatif awal pembentukkan profil pekajar Pancasila. Sedangkan faktor pendukung ekternal yaitu dengan adanya kurikulum 2013 menjadi basis awal untuk melaksanakan penguatan karakter pada peserta didik. Faktor-faktor penghambat internal meliputi terbatasnya kemampuan guru untuk menginterpretasikan mengenai profil pelajar Pancasila, kurangnya kemandirian guru untuk belajar secara mandiri melalui website yang telah disediakan. Adapun faktor-faktor penghambat meliputi belum adanya sosialisasi dan belum adanya bimtek yang spesifik mengenai pembentukan profil pelajar Pancasila. Solusi yang diupayakan oleh sekolah agar mencapai tujuan tersebut adalah, integrasi kurikulum, kegiatan ekstrakulikuler, P5, pelatihan dan pengembangan guru, lingkungan sekolah yang mendukung. Kata Kunci: faktor pendukung, faktor penghambat, profil Pancasila This study aims to describe the supporting and inhibiting factors in the formation of the Pancasila Student Profile at SMA Negeri 7 Bandar Lampung, as well as the solutions attempted in the formation of the Pancasila Student Profile at school. The method used in this study is a qualitative descriptive research method with data collection techniques, namely interview techniques with teacher and student informants and observation techniques. The data analysis techniques used are data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of the study indicate that the formation of the Pancasila student profile at SMA Negeri 7 Bandar Lampung has internal supporting factors including the subjects of PPKn and the habit of shaking hands which are the initial alternatives for the formation of the Pancasila student profile. While the external supporting factor is the existence of the 2013 curriculum as the initial basis for implementing character strengthening in students. Internal inhibiting factors include the limited ability of teachers to interpret the Pancasila student profile, the lack of teacher independence to learn independently through the website that has been provided. The inhibiting factors include the absence of socialization and the absence of specific technical guidance regarding the formation of the Pancasila student profile. The solutions attempted by the school to achieve these goals are curriculum integration, extracurricular activities, P5, teacher training and development, and a supportive school environment. Keywords: supporting factors, inhibiting factors, Pancasila profile
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) |
| Pengguna Deposit: | UPT . Ery Elyasari |
| Date Deposited: | 28 Nov 2025 03:57 |
| Terakhir diubah: | 28 Nov 2025 03:57 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93844 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
