PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNINGBERBANTUAN APLIKASI E-DETERMINASI TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN ILMIAH PADA MATERI KLASIFIKASI MAHLUK HIDUP

Lima, Andini (2025) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNINGBERBANTUAN APLIKASI E-DETERMINASI TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN ILMIAH PADA MATERI KLASIFIKASI MAHLUK HIDUP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (184Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1102Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1008Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery learning berbantuan aplikasi e-determinasi terhadap kemampuan Penalaran Ilmiah peserta didik pada materi Klasifikasi Mahluk Hidup. Penelitian ini menggunakan desain eksperimental semu dengan pola desain yaitu Pretest- Posttest Non-equivalen Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 14 Bandar Lampung yang berjumlah 346 orang dengan sampel diambil dengan teknik purpossive sampling, sehingga terpilih 66 peserta didik yaitu kelas VII-A dan VII-B. Data kemampuan Penalaran Ilmiah diambil menggunakan tes dan dianalisis menggunakan Independent sample t-Test, sedangkan data tanggapan peserta didik dan keterlaksanaan sintaks diambil dengan angket dan dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan Penalaran Ilmiah kelas eksperimen lebih tinggi (N-Gain = 0,45) dibandingkan dengan kelas kontrol (N- Gain = 0,28). Hasil uji Independent sample t-Test didapatkan nilai sig (2-tailed) 0,00 < 0,05 artinya H1 diterima. Hasil juga didukung oleh uji Effect Size yang menguatkan bukti efektivitas model Discovery learning berbantuan aplikasi e-determinasi berpengaruh besar (1,126) terhadap kemampuan Penalaran Ilmiah. Indikator kemampuan Penalaran Ilmiah yang tertinggi pada kelas eksperimen yaitu Konservasi (N-Gain = 0,70) dengan kategori “tinggi” dan yang paling rendah yaitu indikator Hipotesis Deduktif (N-Gain = 0,13). Hasil analisis data angket tanggapan peserta didik menunjukkan bahwa hampir sebagian besar (87,11%) memberikan tanggapan positif tentang pengaruh Model Discovery learning berbantuan aplikasi e-determinasi terhadap kemampuan Penalaran Ilmiah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery learning berbantuan aplikasi e-determinasi berpengaruh signifikan terhadap kemampuan Penalaran Ilmiah peserta didik. Kata kunci: Discovery learningBerbantuan Aplikasi e-determinasi, Kemampuan Penalaran Ilmiah, Klasifikasi Mahluk Hidup

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2507074043 Digilib
Date Deposited: 03 Dec 2025 02:02
Terakhir diubah: 03 Dec 2025 02:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93898

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir