DWI , ANGGRAINI (2025) UNSUR INTRINSIK DELOM PEPACOGH RIK IMPLIKASINI DELOM PEMBELAJARAN BAHASA LAMPUNG DI SMP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3687Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (3343Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitiyan sinji ngebahas tentang unsur intrinsik sai terkandung delom Pepacogh pada masyarakat Lappung. Tujuan anjak penelitiyan sinji iyulah guwai ngedeskripsiko unsurunsur intrinsik Pepacogh sai terdapat di Pekon Kuripan, Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan. Hasil anjak penelitian sinji diharopko dapok diimplikasiko delom pembelajaran Bahasa Lampung sebagai bahan ajar guwai siswa kelas VIII tingkat SMP. Penelitiyan sinji ngegunako pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakuko ngelalui wawancara rik pencatatan tehadop teks Pepacogh sai dimesa anjak tokoh adat di Pekon Kuripan, Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah teks sastra lisan Pepacogh sai kemudian dianalisis berdasarko unsur-unsur intrinsik. Analisis dilakukan jama ngeklasifikasiko unsur intrinsik mit delom sembelas kategori, yaitu tema, amanat, diksi, tipografi, rima, imaji, majas, kata konkret, perasaan/nada, rik suasana. Berdasarko hasil penelitiyan, dialu tema ketuhanan, tema kemanusiaan, tema kebangsaan, diksi denotatif rik konotatif, rima onomatope, rima asonansi, rima aliterasi, rima pengulangan kata, tipografi konvensional, imaji pisual, imaji audiotori, majas perumpamaan, metafora, personafikasi, alegori, antithesis, metonimia, aliterasi, kata konkret, amanat tersurat, amanat tersirat, serta perasaan, nada rik suasana. Hasil ini menunjukkan bahwa teks Pepacogh ngidok kekayaan unsur kebahasaan rik keindahan sastra sai tinggi. Temuan tersebut relevan guwai diimpikasiko mit delom pembelajaran Bahasa Lampung tingkat SMP kelas VIII, terutama delompenerapan Kurikulum 2013 yang menekankan pada proses belajar aktif, kreatif, dan mandiri melalui pendekatan saintifik. Dengan demikian, hasil penelitian sinji dapok dijadiko rekomendasi pengembangan bahan ajar yang memuat materi sastra lisan Pepacogh, guna memperkenalkan sekaligus melestarikan bahasa rik budaya Lampung kepada peserta didik. Kata kunci: Pepacogh, unsur intrinsik, pembelajaran bahasa Lampung
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
| Pengguna Deposit: | 2507321263 Digilib |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 02:06 |
| Terakhir diubah: | 08 Dec 2025 02:06 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93950 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
