RANCANG BANGUN APLIKASI GAME MEMORY BERBASIS WEBSITE UNTUK MELATIH DAYA INGAT

Ibnu , Riva (2025) RANCANG BANGUN APLIKASI GAME MEMORY BERBASIS WEBSITE UNTUK MELATIH DAYA INGAT. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Ibnu Riva.pdf

Download (380Kb) | Preview
[img] File PDF
TUGAS AKHIR FULL - Ibnu Riva.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3278Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TUGAS AKHIR TANPA BAB PEMBAHASAN - Ibnu Riva.pdf

Download (2303Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Kemampuan mengingat merupakan salah satu aspek kognitif penting dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menjaga dan meningkatkan kemampuan tersebut, diperlukan pelatihan memori (memory training) melalui media interaktif, seperti game memory. Seiring berkembangnya teknologi, pelatihan ini dapat dilakukan melalui aplikasi game digital yang dirancang khusus untuk menstimulasi fungsi memori otak. Berdasarkan hal tersebut, dikembangkan sebuah game edukasi berbasis web bernama Game Memory yang ditujukan untuk remaja usia 12–21 tahun sesuai klasifikasi perkembangan remaja. Game ini terinspirasi dari kompetisi edukatif “Ruang Guru Clash of Champions” dan mengadopsi tiga mode permainan yang menekankan pelatihan memori, yaitu Invisible Maze, Tebak Urutan Kartu, dan Tebak Isi Gambar. Pengembangan game menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) yang mencakup tahap inisiasi, perancangan, produksi, pengujian, dan rilis. Aplikasi dibangun menggunakan arsitektur Model-View- Controller (MVC) dengan Node.js pada sisi backend dan MySQL sebagai basis data. Setiap mode permainan dirancang untuk menantang pemain dalam mengingat posisi, urutan, atau isi gambar dalam waktu terbatas, serta dilengkapi sistem level, waktu bermain, dan fitur nyawa. Pengujian dilakukan melalui blackbox testing dan User Acceptance Testing (UAT). Hasil UAT terhadap 20 responden menunjukkan tingkat kepuasan sebesar 90,53%, menandakan bahwa game ini layak dan diterima dengan baik. Dengan demikian, Game Memory diharapkan menjadi media pelatihan kognitif yang interaktif dan menyenangkan bagi remaja. Kata Kunci: Memory training, daya ingat, MVC, web game, GDLC, UAT. ABSTRACT Memory is one of the essential cognitive aspects in daily life. To maintain and improve this ability, memory training through interactive media such as memory games is necessary. With the advancement of technology, memory training can now be done through digital game applications specifically designed to stimulate brain memory functions. Based on this, a web-based educational game called Game Memory was developed, targeting adolescents aged 12–21 in accordance with their developmental stage. This game was inspired by the educational competition “Ruang Guru Clash of Champions” and adopts three memory-focused game modes: Invisible Maze, Card Sequence Guess, and Image Content Guess. The game was developed using the Game Development Life Cycle (GDLC) method, which includes initiation, design, production, testing, and release stages. The application is built using the Model-View-Controller (MVC) architecture with Node.js for the backend and MySQL as the database. Each game mode challenges players to recall positions, sequences, or image content within a limited time and is equipped with level systems, play time, and life features. Testing was conducted through blackbox testing and User Acceptance Testing (UAT). The UAT results from 20 respondents showed a satisfaction level of 90.53%, indicating that the game is feasible and well- received. Therefore, Game Memory is expected to become an interactive and enjoyable cognitive training medium for adolescents. Keywords: Memory training, memory skills, MVC, web game, GDLC, UAT

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
Program Studi: FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (FMIPA) > Prodi D3 Manajemen Informatika
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 05 Dec 2025 08:21
Terakhir diubah: 05 Dec 2025 08:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93951

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir