MAKNA KECANTIKAN DALAM IKLAN KOSMETIK DI YOUTUBE MENGGUNAKAN PENDEKATAN SEMIOTIK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP

Viera , Aulia (2025) MAKNA KECANTIKAN DALAM IKLAN KOSMETIK DI YOUTUBE MENGGUNAKAN PENDEKATAN SEMIOTIK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK -Viera Aulia.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Viera Aulia.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1550Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN - Viera Aulia.pdf

Download (1550Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna kecantikan dalam iklan kosmetik di youtube menggunakan pendekatan semiotik dan mengimplikasikannya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia. Adapun pendekatakan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan interpretatif dengan data yang bersumber dari Iklan wardah UV Shield Acne Calming Sunscreen yang berdurasi 40 detik ditayangkan pada akun youtube Wardahbaeuty di produksi oleh PT. Paragon Technology and Inovation. Hasil Penelitian menunjukkan secara denotatif makna kecantikan pada iklan digambarkan melalui fisik ketiga pemeran utama, sedangkan secara konotatif iklan menggambarkan definisi kecantikan seorang perempuan melalui wajah, dan yang terakhir dekontruksi makna kecantikan dalam iklan dijelaskan melalui tampilan ketiga model sebagai pemeran utama. Implikasi semiotika iklan ini dapat diterapkan pada pembelajaran bahasa Indonesia di tingkat SMP, khususnya dalam kompetensi dasar 3.3 dan 4.3 berkenaan dengan kemampuan siswa untuk menarik kesimpulan tentang pesan utama yang disampaikan dalam iklan. Kata Kunci : Bahasa Indonesia, Kecantikan, Semiotik This research aims to describe the meaning of beauty in cosmetic advertisements on youtube on using a semiotic approach and implement it in Indonesian language learning. The approach used in this research is an interpretive approach with data sourced from the 40 second Wardah UV Shield Acne Calming Sunscreen advertisement broadcast on the Wardahbaeuty YouTube account produced by PT. Paragon Technology and Innovation. The research results show that denotatively the meaning of beauty in the advertisement is described through the physical appearance of the three main characters, while connotatively the advertisement depicts the definition of a woman's beauty through the face, and finally the deconstruction of the meaning of beauty in the advertisement is explained through the appearance of the three models as the main characters. This implementation of advertising semiotics can be applied to Indonesian language learning at junior high school level, especially in basic competencies 3.3 and 4.3 regarding students' ability to draw conclusions about the main messages conveyed in advertisements. Keywords: Beauty, Indonesian, Semiotics

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 10 Dec 2025 04:43
Terakhir diubah: 10 Dec 2025 04:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94070

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir