AEP, SUSANTO (2025) PENGARUH ORGANISASI PEMBELAJARAN DAN KEPEMIMPINAN DIGITAL DENGAN INOVASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI TERHADAP PEMBANGUNAN DESA BERKELANJUTAN DI PROVINSI LAMPUNG. [Disertasi]
|
File PDF (PENGARUH ORGANISASI PEMBELAJARAN DAN KEPEMIMPINAN DIGITAL DENGAN INOVASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI TERHADAP PEMBANGUNAN DESA BERKELANJUTAN DI PROVINSI LAMPUNG)
ABSTRAK DISERTASI PENGARUH OP&KD MEDIASI INOVASI THDP PDB.pdf Download (176Kb) | Preview |
|
|
File PDF (PENGARUH ORGANISASI PEMBELAJARAN DAN KEPEMIMPINAN DIGITAL DENGAN INOVASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI TERHADAP PEMBANGUNAN DESA BERKELANJUTAN DI PROVINSI LAMPUNG)
DISERTASI PENGARUH OP&KD MEDIASI INOVASI THDP PDB (TANPA LAMPIRAN).pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF (PENGARUH ORGANISASI PEMBELAJARAN DAN KEPEMIMPINAN DIGITAL DENGAN INOVASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI TERHADAP PEMBANGUNAN DESA BERKELANJUTAN DI PROVINSI LAMPUNG)
DISERTASI PENGARUH OP&KD MEDIASI INOVASI THDP PDB (TANPA PMBHSAN&LAMPIRAN).pdf Restricted to Hanya staf Download (3856Kb) | Minta salinan |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan data progress Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2022 oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi Provinsi Lampung masih terdapat 63% (1.527) desa di Provinsi Lampung berada pada kategori tertinggal dan berkembang. Pembangunan desa berkelanjutan merupakan pendekatan pembangunan yang akan membawa desa menuju peningkatan dan keseimbangan ekonomi, sosial dan lingkungan yang berkelanjutan. Penelitian ini melakukan pengembangan kajian tentang pembangunan desa berkelanjutan melalui pengaruh organisasi pembelajaran, kepemimpinan digital dan inovasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi 2.435 desa di Provinsi Lampung dengan sampel sebanyak 105 desa dengan Indeks Desa Membangun (IDM) mandiri di Provinsi Lampung tahun 2022. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner berbasis Google Form dan diolah menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan perangkat lunak SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa organisasi pembelajaran dan kepemimpinan digital memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap pembangunan desa berkelanjutan, organisasi pembelajaran dan kepemimpinan digital memiliki pengaruh signifikan terhadap inovasi, inovasi memiliki pengaruh signifikan terhadap pembangunan desa berkelanjutan, organisasi pembelajaran dan kepemimpinan digital memengaruhi pembangunan desa berkelanjutan dengan mediator inovasi. Penelitian ini menemukan kebaruan bahwa pembangunan desa berkelanjutan dapat terwujud jika ada inovasi yang berbasis pada penerapan organisasi pembelajaran dan kepemimpinan digital. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan desa melalui inovasi yang berbasis organisasi pembelajaran pada pemerintahan desa dan kepemimpinan digital oleh perangkat desa. Kata kunci: organisasi pembelajaran, kepemimpinan, inovasi, pembangunan berkelanjutan.
| Jenis Karya Akhir: | Disertasi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan) 300 Ilmu sosial > 350 Administrasi publik dan ilmu militer > 351 Administrasi publik |
| Program Studi: | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi S3-Doktor Studi Pembangunan |
| Pengguna Deposit: | 2507729996 Digilib |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 02:12 |
| Terakhir diubah: | 11 Dec 2025 02:12 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94091 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
