PENERAPAN POSITIVE REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA 5-6 TAHUN

Asma Lailatul, Mufidah (2025) PENERAPAN POSITIVE REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA 5-6 TAHUN. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1.ABSTRAK.pdf

Download (180Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL_Asma Lailatul Mufidah.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1203Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN_Asma Lailatul Mufidah.pdf

Download (1016Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan studi pendahuluan di TK Amrina Rosyada Kid`s bahwa terdapat anak usia 5-6 tahun yang mengalami perkembangan kepercayaan diri yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penerapan positive reinforcement dapat meningkatkan kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-eksperimen dengan pendekatan one-group pre-test and post-test. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi. Sampel penelitian sebanyak 15 anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil pre-test menunjukkan bahwa terdapat 47% atau sebanyak 7 anak dalam kategori belum berkembang (BB) dan 53% atau sebanyak 8 anak berada dalam kategori mulai berkembang (MB), setelah diterapkan perlakuan hasil post-test menunjukkan bahwa 27% atau sebanyak 4 anak berada dalam kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dan 73% atau sebanyak 11 anak dalam kategori berkembang sangat baik (BSB). Setelah dilakukan analisis menggunakan uji wilcoxon yaitu terdapat pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun dengan nilai Asymp.Sig. (2-tailed) 0,000 < dari 0.05 yang menyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan positive reinforcement dilingkungan sekolah dapat mempengaruhi perkembangan kepercayaan diri anak. Kata kunci: anak usia dini, positive reinforcement, kepercayaan diri

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Pengguna Deposit: 2507920461 Digilib
Date Deposited: 11 Dec 2025 02:30
Terakhir diubah: 11 Dec 2025 02:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94111

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir