Dinda , Lathofiana Rahman (2025) Pengaruh Kegiatan Keputrian Terhadap Pembentukan Karakter Moral Peserta Didik di MAN 1 Metro. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP), UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Dinda Lathofiana.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL DINDA LATHOFIANA - Dinda Lathofiana.pdf Restricted to Hanya staf Download (2304Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN DINDA LATHOFIANA - Dinda Lathofiana.pdf Download (1674Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kegiatan keputrian terhadap pembentukan karakter moral peserta didik di MAN 1 Metro. Kegiatan keputrian merupakan program religius yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai keislaman dan moral pada siswi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah 35 peserta didik kelas XI yang dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana menggunakan SPSS versi 25, diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,648 yang berarti bahwa 64,8% pembentukan karakter moral dipengaruhi oleh kegiatan keputrian, sementara sisanya 35,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil uji t menunjukkan nilai thitung sebesar 7,793 > ttabel sebesar 1,692 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara kegiatan keputrian terhadap pembentukan karakter moral peserta didik. Aspek karakter moral yang paling berkembang meliputi tanggung jawab, kedisiplinan, sopan santun, dan sikap tolong-menolong. Hasil ini mengindikasikan bahwa kegiatan keputrian memiliki peran strategis dalam mendukung program pendidikan karakter di sekolah dan perlu terus dikembangkan secara sistematis. Kata Kunci: Keputrian, Karakter Moral, Pendidikan Karakter, Peserta Didik ABSTRACT This study aims to determine the extent of the influence of religious activities on the moral character development of students at MAN 1 Metro. Religious activities are religious programs aimed at instilling Islamic values and morals in female students. This study uses a quantitative approach with a descriptive method. The sample in this study consisted of 35 randomly selected 11th grade students. Data collection techniques include questionnaires, observations, and interviews. Based on the results of simple linear regression analysis using SPSS version 25, the coefficient of determination (R2) value is 0.648, meaning that 64.8% of moral character development is influenced by religious activities, while the remaining 35.2% is influenced by other factors. The t-test results showed a t-value of 7.793 > t-table of 1.692 with a significance level of 0.000 < 0.05, indicating a significant influence of girl scout activities on the moral character development of students. The most developed aspects of moral character include responsibility, discipline, politeness, and a helpful attitude. These results indicate that girl scouting activities play a strategic role in supporting character education programs in schools and need to be systematically developed further. Keywords: Girl Scouting, Moral Character, Character Education, Students
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) |
| Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 08:18 |
| Terakhir diubah: | 11 Dec 2025 08:18 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94154 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
