PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF H5P TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Ketapang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2024/2025)

Salsabila , Fitria Madani (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF H5P TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Ketapang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2024/2025). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak - SALSABILA FITRIA.pdf

Download (158Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi tanpa lampiran - SALSABILA FITRIA.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2021Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi tanpa pembahasan - SALSABILA FITRIA.pdf

Download (1966Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media interaktif H5P terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa semester ganjil kelas IX SMP Negeri 1 Ketapang tahun pelajaran 2024/2025 yang terdistribusi dalam enam kelas yaitu kelas IX A sampai kelas IX F. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling, sehingga terpilih kelas IX B dengan jumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IX C dengan jumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan berpikir kritis matematis. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t dengan α = 0,05 diperoleh bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media interaktif H5P lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan media interaktif H5P. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media interaktif H5P berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Kata Kunci: berpikir kritis matematis, media interaktif H5P, pengaruh This study aims to determine the effect of using H5P interactive media on students' mathematical critical thinking skills. The population in this study were all students in the odd semester of grade IX of SMP Negeri 1 Ketapang in the 2024/2025 academic year distributed in six classes, namely grade IX A to grade IX F. The sample was selected using purposive sampling technique, so that grade IX B with a total of 34 students was selected as the experimental class and grade IX C with a total of 35 students as the control class. The design used was pretest- posttest control group design. This research data is in the form of quantitative data obtained from the mathematical critical thinking ability test. Based on the results of hypothesis testing using t-test with α = 0.05, it was found that the increase in mathematical critical thinking ability of students who took part in learning by using H5P interactive media was higher than the increase in mathematical critical thinking ability of students who took part in learning without using H5 interactive media. So it can be concluded that the use of H5P interactive media has an effect on students' mathematical critical thinking skills. Keywords: H5P interactive media, influence, mathematical critical thinking

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 12 Dec 2025 01:44
Terakhir diubah: 12 Dec 2025 01:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94166

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir