PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL PENDIDIK TERHADAP KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI

Nabila , Salsabila (2025) PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL PENDIDIK TERHADAP KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERISTAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak - 24_Nabila Salsabila.pdf

Download (112Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Full Tanpa Lampiran - 24_Nabila Salsabila.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3711Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Bab Tanpa Pembahasan - 24_Nabila Salsabila.pdf

Download (3734Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini yakni kurangnya kecakapan hidup peserta didik kelas V SD Negeri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi sosial pendidik terhadap kecakapan hidup peserta didik. Kecakapan hidup merupakan berbagai keterampilan yang dipersiapkan untuk mengadapi problema masa depan yang dapat meningkatkan kualitas hidup. Jenis penelitian yang digunakan penelitian ini merupakan ex post facto korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 45 peserta didik dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik penelitian data yang digunakan, yakni observasi, angket (kuisioner), dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data berupa angket dengan menggunakan skala likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi sosial pendidik terhadap kecakapan hidup peserta didik kelas V SD Negeri. Kata Kunci: kecakapan hidup, kompetensi sosial pendidik. The problem in this study is the lack of life skill of V SD Negeri. This study aims to determine the positive and significant effect of educators’ social competence of students life skill. Life skill are various skill that are prepared to face future problems that can improve the quality of life. The type of research used in this research in an ex post facto correlation with a quatitative approach. The number of respondents in this study were 45 students using saturated sampling technique. The data research techniques used are observation, questionnaires, and documentation. The data collection instrument is a questionnaire using a likert scale which was previously tested for validity and reliability. The data analisis of this study used simple linier regression. The result of this study indicat that there is a significant influence between the social competence of educator on the life skill of V SD Negeri. Keywords: life skill, educator social competence

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 12 Dec 2025 02:02
Terakhir diubah: 12 Dec 2025 02:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94169

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir