SALMA , AGUSTIKA ZAIN (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD FLIPBOOK BERBASIS OBSERVASI, BERPIKIR ANALISIS, DAN KOMUNIKASI (OBAK) UNTUK MENINGKATKAN HOTS PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - Salma Agustika Zain.pdf Download (410Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL - Salma Agustika Zain.pdf Restricted to Hanya staf Download (5Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Salma Agustika Zain.pdf Download (3460Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa e-LKPD flipbook berbasis Observasi, Berpikir Analisis, dan Komunikasi (OBAK) pada materi sistem Pencernaan Manusia dan mengetahui kelayakan serta efektifitas e-LKPD flipbook dalam meningkatkan HOTS peserta didik. Model pengembangan yang digunakan yaitu model 4D (Define, Design, Develop, dan Desseminate) namun pada penelitian ini dibatasi sampai tahap develop. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh kelas VIII A sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh melalui angket, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh skor kelayakan e-LKPD dari ahli materi sebesar 92% kriteria “Sangat valid”, ahli bahasa sebesar 84% kriteria “Sangat valid”, ahli media sebesar 88% kriteria “Sangat valid”, dan ahli praktisi sebesar 85,25% kriteria “Sangat valid”. Kemudian produk diuji coba skala kecil memperoleh skor kelayakan sebesar 85,6% kriteria “Sangat layak”, uji coba skala besar memperoleh skor kelayakan sebesar 87,6% kriteria “Sangat layak”, dan dari hasil nilai pretest-postest pada kelas eksperimen yang menggunakan e- LKPD flipbook mendapat skor nilai N-gain sebesar 0,64 kriteria “sedang” serta dari hasil uji hipotesis menggunakan Mann-Whitney U didapatkan nilai sig. (2- tailed) 0,00 < 0,05. Dari hasil perhitungan menggunakan effect size didapatkan skor sebesar 2,5 dengan kategori besar. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berupa e-LKPD flipbook berbasis OBAK yang telah dikembangkan memenuhi kategori sangat valid dan layak sehingga dapat dikatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran dan efektif dalam meningkatkan HOTS peserta didik. Kata Kunci: E-LKPD Flipbook, Model Pembelajaran OBAK, HOTS, Sistem Pencernaan Manusia This study aims to develop products in the form of e-LKPD flipbooks based on Observation, Analytical Thinking, and Communication (OBAK) on the material of the Human Digestive system and determine the feasibility and effectiveness of e- LKPD flipbooks in increasing students' HOTS. The development model used is the 4D model (Define, Design, Develop, and Desseminate) but in this study it is limited to the develop stage. The sample was taken using cluster random sampling technique so that VIII A class of 30 students was obtained as an experimental class and VIII B class of 30 students as a control class. The type of data is quantitative and qualitative data obtained through questionnaires, and tests. Based on the results of the study, the e-LKPD feasibility score from material experts was 92% “Very valid” criteria, language experts were 84% “Very valid” criteria, media experts were 88% “Very valid” criteria, and practitioner experts were 85.25% “Very valid” criteria. Then the product was tested on a small scale to obtain a feasibility score of 85.6% of the criteria “Very feasible”, a large-scale trial obtained a feasibility score of 87.6% of the criteria “Very feasible”, and from the results of the pretest-postest scores in the experimental class using e- LKPD flipbook got an N-gain score of 0.64 criteria “moderate” and from the results of hypothesis testing using Mann-Whitney U obtained a sig value. (2- tailed) 0.00 <0.05. From the results of calculations using effect size, a score of 2.5 was obtained in the large category. From the results of the study, it can be concluded that the teaching materials in the form of OBAK-based e-LKPD flipbooks that have been developed meet the very valid and feasible categories so that they can be said to be suitable for use in learning and effective in increasing students' HOTS. Keywords: E-LKPD Flipbook, OBAK Learning Model, HOTS, Human Digestive System
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi |
| Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 02:18 |
| Terakhir diubah: | 12 Dec 2025 02:18 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94171 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
