PENGARUH SOSIALISASI POLITIK KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) KOTA BANDAR LAMPUNG TERHADAP PEMBENTUKAN CIVIC LITERACY PESERTA DIDIK SMAN 7 BANDAR LAMPUNG

RIZKI , FIRDAUS (2025) PENGARUH SOSIALISASI POLITIK KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) KOTA BANDAR LAMPUNG TERHADAP PEMBENTUKAN CIVIC LITERACY PESERTA DIDIK SMAN 7 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (234Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya Civic Literacy (melek kewarganegaraan) bagi seluruh warga negara. Terkhusus di penelitian ini pada peserta didik SMAN 7 Bandar Lampung berkaitan dengan minimnya pemahaman politik yang dimiliki peserta didik dan kurangnya variasi dalam pendidikan politik di sekolah. Jika dibiarkan, hal ini dapat menimbulkan dampak negatif, seperti ideologi yang lemah, kurang melek terhadap isu politik akibat kurangnya bahan bacaan. Proses sosialiasi politik ini diharapkan dapat membentuk kepribadian yang positif dalam kehidupan bernegara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sosialisasi politik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandar Lampung terhadap pembentukan civic literacy peserta didik di SMAN 7 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Sampel penelitian adalah peserta sosialisasi yang terdiri dari 44 pengurus OSIS SMAN 7 Bandar Lampung tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket sebagai teknik pokok dan wawancara sebagai teknik penunjang. Analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan sosialisasi politik KPU terhadap pembentukan civic literacy dengan nilai koefisien determinasi sebesar 62,4%. Dapat diartikan bahwa pembentukan civic literacy dipengaruhi oleh sosialisasi politik KPU dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Temuan penelitian ini menegaskan bahwa penggunaan metode interaktif termasuk simulasi tata cara pemilu, diskusi, dan kolaborasi antara KPU dengan pihak sekolah efektif dalam meningkatkan pengetahuan faktual dan kecakapan kognitif siswa tentang sistem politik dan proses demokrasi. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan agar KPU dan sekolah terus memperkuat kerja sama serta memanfaatkan platform digital secara optimal untuk memperluas jangkauan dan memastikan keberlanjutan program pendidikan politik bagi generasi muda. Kata Kunci: Sosialisasi, Politik, KPU, Civic literacy, Pendidikan Politik

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN)
Pengguna Deposit: 2507607716 Digilib
Date Deposited: 12 Dec 2025 06:57
Terakhir diubah: 12 Dec 2025 06:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94183

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir