STRATEGI MEDIA SOSIAL AKUN INSTAGRAM @OFFICIAL_UNILA DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI MAHASISWA UNIVERSITAS LAMPUNG

ANNISA , JUDITH ADITYA (2025) STRATEGI MEDIA SOSIAL AKUN INSTAGRAM @OFFICIAL_UNILA DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI MAHASISWA UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (216Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3069Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2402Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Media sosial telah menjadi saluran utama perguruan tinggi dalam menyebarkan informasi kepada mahasiswa, sehingga pengelolaan akun resmi seperti Instagram @official_unila oleh Humas Universitas Lampung memiliki peran strategis dalam memenuhi kebutuhan informasi akademik dan nonakademik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi media sosial yang diterapkan oleh akun tersebut dalam menjawab kebutuhan informasi mahasiswa. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam terhadap tiga pengelola akun dan tiga mahasiswa aktif, serta observasi unggahan konten selama periode Januari hingga Maret 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun @official_unila menerapkan pendekatan strategi Aktif, Kreatif, Kolaboratif, dan Explore Konten yang diperkuat oleh model SMART, PESTEL, dan PESO, serta telah mencapai tahap mature dalam kerangka Social Strategy Cone, ditandai dengan konsistensi unggahan 9–11 kali per minggu dan pemanfaatan fitur Reels, Story, dan Live secara efektif. Mahasiswa menilai akun ini sebagai sumber informasi utama terkait jadwal akademik, kegiatan kampus, hingga peluang magang dan beasiswa. Dengan demikian, akun @official_unila terbukti efektif sebagai media komunikasi institusional dan pusat informasi digital, meskipun peningkatan interaksi dua arah dan integrasi sistem informasi kampus masih diperlukan untuk mengoptimalkan strategi komunikasi digital ke depannya. Kata Kunci: Humas Universitas, Instagram, Kebutuhan Informasi Mahasiswa, Komunikasi Digital, Strategi Media Sosial.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Universitas Lampung > FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > 300 Ilmu sosial
Program Studi: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi S1-Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 2507522244 Digilib
Date Deposited: 15 Dec 2025 02:25
Terakhir diubah: 15 Dec 2025 02:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94217

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir