IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA KEWIRAUSAHAAN DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU SOSIAL SISWA SMPN 1 SEPUTIH BANYAK.

SUSWAHYUNI , - (2025) IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA KEWIRAUSAHAAN DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU SOSIAL SISWA SMPN 1 SEPUTIH BANYAK. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSRAK SUSWAHYUNI - Sus wahyuni.pdf

Download (187Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS LENGKAP SUSWAHYUNI - Sus wahyuni.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS SUSWAHYUNI TANPA ISI - Sus wahyuni.pdf

Download (3675Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan tema kewirausahaan terhadap perubahan perilaku sosial siswa di SMPN 1 Seputih Banyak. Latar belakang penelitian ini berangkat dari fenomena menurunnya keterampilan sosial siswa, terutama dalam aspek komunikasi, kerja sama, dan kepemimpinan. Kondisi tersebut berdampak pada rendahnya partisipasi siswa dalam aktivitas kolaboratif, baik di kelas maupun kegiatan sekolah lainnya.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahapan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa mengalami perkembangan positif dalam perilaku sosial setelah mengikuti proyek kewirausahaan yang terintegrasi dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Siswa menjadi lebih percaya diri ketika tampil di depan kelas, lebih mampu bekerja sama dalam kelompok, serta mulai menunjukkan kemampuan memimpin dalam menyelesaikan tugas bersama. Beberapa siswa berinisiatif membagi peran secara adil dalam kelompok, sementara yang lain mampu mengarahkan teman untuk mencapai target penjualan produk. Selain itu, keterampilan komunikasi meningkat, terlihat dari keberanian siswa menyampaikan ide dan pendapatnya secara terbuka. Keberhasilan implementasi proyek ini didukung oleh kesiapan fasilitas sekolah, peran guru sebagai fasilitator, serta partisipasi aktif siswa dalam setiap tahapan.Implikasi penelitian ini menegaskan pentingnya pembelajaran kontekstual berbasis proyek dalam memperkuat karakter siswa, sehingga mereka tidak hanya unggul secara akademis, tetapi juga memiliki kemampuan sosial dan moral yang baik. Kata kunci: Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, kewirausahaan, perilaku sosial, karakter siswa, pembelajaran IPS. The purpose of this study is to analyze the implementation of the Project to Strengthen the Profile of Pancasila Students in Social Studies (IPS) learning with the theme of entrepreneurship in relation to changes in students’ social behavior at SMPN 1 Seputih Banyak. The background of this research is the decline in students’ social skills, particularly in aspects of communication, cooperation, and leadership, which has led to low participation in collaborative activities both in the classroom and in other school programs. This study employs a descriptive qualitative method with data collection techniques including observation, interviews, questionnaires, and documentation. The data were analyzed through the stages of reduction, presentation, and conclusion drawing. The results indicate that the majority of students experienced positive development in their social behavior after participating in entrepreneurship projects integrated into the Project to Strengthen the Profile of Pancasila Students. Students became more confident when speaking in front of the class, more capable of working collaboratively in groups, and began to demonstrate leadership skills in completing tasks together. Several students took the initiative to distribute roles fairly within their groups, while others successfully guided their peers to achieve product sales targets. Furthermore, communication skills improved, as reflected in students’ willingness to openly express ideas and opinions. The success of this project was supported by adequate school facilities, the role of teachers as facilitators, and active student participation in each stage of the project. The implication of this research emphasizes the importance of project-based contextual learning in strengthening students’ character, enabling them to excel not only academically but also socially and morally. Keywords: Pancasila Student Profile Project, entrepreneurship, social skills, student character, social studies learning.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Universitas Lampung > FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 15 Dec 2025 04:12
Terakhir diubah: 15 Dec 2025 04:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94239

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir