PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ORIGAMI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI MATARAM ILIR

M. ZAUZI TURSENO, 250758428064 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ORIGAMI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI MATARAM ILIR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (68Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1310Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1222Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas III SD Negeri 1 Mataram Ilir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media origami terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas III. Populasi penelitian ini berjumlah 37 dan sampel yang digunakan yaitu seluruh populasi peserta didik kelas IIIA dan IIIB yang berjumlah 37 peserta didik, sampel ditentukan dengan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non-tes. Penelitian ini merupakan penelitian kauntitatif dengan jenis penelitian quasi experimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Data diuji dengan 2 uji yakni regresi linier sederhana dan uji-T. Uji regresi linier sederhana dilakukan untuk melihat pengaruh dan besaran pengaruh dari model problem based learning berbantuan media origami pada hasil belajar matematika peserta didik kelas III. Hasil uji menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model problem based learning berbantuan media origami pada hasil belajar matematika peserta didik kelas III dengan besaran pengaruh sebesar 47,3%. Uji-T dilakukan untuk melihat perbedaan pada hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil uji menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pada hasil belajar belajar peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan model problem based learning berbantuan media origami dengan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional berbantuan media video pembelajaran. Kata kunci: matematika, model problem based learning, origami

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2507584280 Digilib
Date Deposited: 16 Dec 2025 01:49
Terakhir diubah: 16 Dec 2025 01:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94257

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir