PENERAPAN OLAH TUBUH TERHADAP PEMBELAJARAN TARI MULI SIGER DI EKSTRAKULIKULER SMAN 13 BANDAR LAMPUNG

ANATASYA , NURTIAS (2025) PENERAPAN OLAH TUBUH TERHADAP PEMBELAJARAN TARI MULI SIGER DI EKSTRAKULIKULER SMAN 13 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - Anatasya Nurtias.pdf

Download (190Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Anatasya Nurtias.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Anatasya Nurtias.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan penerapan olah tubuh terhadap pembelajaran tari muli siger di ekstrakurikuler SMAN 13 Bandar Lampung, Penelitian ini menggunakan metode.deskriptif kualitatif dengan Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Guru dan siswa pada penelitian ini sebagai sumber data primer, kemudian data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian mengenai penerapan olah tubuh terhadap pembelajaran Tari Muli Siger di ekstrakurikuler SMAN 13 Bandar Lampung, di simpulkan bahwa penerapan olah tubuh dipembelajaran tari muli siger tidaak berkesinambungan dengan yang diajarkan dan yang dibutuhkan dalam tari tetapi cukup membantu siswa siswi yang baru memasuki tari dan siswa yang sudah mengikuti tari sebelumnya jadi lebih bisa mengontrol tubuh nya saat menari. Kelenturan dan keseimbangan masing-masing memiliki 4 aspek yang berkontribusi terhadap peningkatan kesiapan fisik dan mental siswa dalam menari. Melalui pendekatan behavioristik, stimulus berupa latihan olah tubuh mendorong perubahan gerak siswa menjadi lebih anggun, terstruktur, dan ekspresif dalam membawakan Tari Muli Siger, terlihat dari keluwesan, keseimbangan serta kemampuan ekspresi siswa saat menari. Kata kunci: olah tubuh, pembelajaran tari, tari muli siger ekstrakurikuler, behavioristik ABSTRACT This study was conducted with the aim of describing the application of body exercises to the learning of Muli Siger dance in extracurricular activities at SMAN 13 Bandar Lampung. This study uses a qualitative descriptive method with data collection techniques through observation, interviews, and documentation. Teachers and students in this study are primary data sources, then the data is analyzed through data reduction, data presentation, and conclusions. Based on the results of research on the application of body exercises to the learning of Muli Siger Dance in extracurricular activities at SMAN 13 Bandar Lampung, it is concluded that the application of body exercises in the learning of Muli Siger dance is not continuous with what is taught and what is needed in dance but is quite helpful for students who are new to dance and students who have participated in dance before so they can better control their bodies when dancing. Flexibility and balance each have 4 aspects that contribute to increasing students' physical and mental readiness in dancing. Through a behavioristic approach, the stimulus in the form of body exercises encourages changes in students' movements to become more graceful, structured, and expressive in performing the Muli Siger Dance, as seen from the students' flexibility, balance, and expressive abilities when dancing. Keywords: physical exercise, dance learning, muli siger dance, extracurricular, behavioristic

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
700 Seni, seni rupa, kesenian
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 16 Dec 2025 08:08
Terakhir diubah: 16 Dec 2025 08:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94285

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir