PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL OLEH WANITA TANI DALAM KEGIATAN BERTANI URBAN FARMING DI KECAMATAN KEDATON KOTA BANDAR LAMPUNG

Haliman Akbar , Hasiholan (2025) PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL OLEH WANITA TANI DALAM KEGIATAN BERTANI URBAN FARMING DI KECAMATAN KEDATON KOTA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (410Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1699Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1455Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penggunaan media sosial adalah sebuah proses atau aktivitas yang dilakukan oleh individu atau kelompok dalam menggunakan platform digital untuk tujuan berinteraksi, berbagi konten, berkomunikasi, berpartisipasi dalam percakapan, dan membangun hubungan sosial secara online tanpa dibatasi ruang dan waktu. Ukuran penggunaan media sosial terdiri dari frekuensi, durasi, dan atensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media sosial wanita tani dalam kegiatan bertani Urban Farming di Kecamatan Kedaton, faktor-faktor yang berhubungan dengan penggunaan media sosial. Penelitian dilaksanakan bulan Juni sampai Agustus 2025 di Kecamatan Kedaton. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Responden dalam penelitian ini ditentukan dengan rumus Slovin, berjumlah 67 wanita tani yang masuk dalam KWT (Kelompok Wanita Tani). Pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif kuantitatif dan analisis statistik Korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial wanita tani dalam kegiatan bertani Urban Farming di Kecamatan Kedaton yang meliputi frekuensi, durasi, dan atensi termasuk dalam kategori sedang dalam penggunaannya. Faktor-faktor yang berhubungan dengan penggunaan media sosial wanita tani dalam kegiatan bertani Urban Farming adalah motif kebutuhan dan kepuasan. Kata Kunci : Urban Farming, Media Sosial, dan Wanita Tani Social media use is a process or activity undertaken by individuals or groups using digital platforms to interact, share content, communicate, participate in conversations, and build social relationships online without being limited by time and space. Measures of social media use include frequency, duration, and attention. This study aims to determine the social media use of female farmers in urban farming activities in Kedaton District, and the factors associated with social media use. The study was conducted from June to August 2025 in Kedaton District. The research method used was a survey. Respondents in this study were determined using the Slovin formula and consisted of 67 female farmers who were members of the Women Farmers Group (KWT). Data collection was conducted using interviews and questionnaires. This study employed descriptive quantitative statistical analysis and Spearman Rank Correlation. The research results show that female farmers' social media use in urban farming activities in Kedaton District, including frequency, duration, and attention, falls into the moderate category. Factors associated with female farmers' social media use in urban farming activities are needs and satisfaction. Keywords : Urban Farming, Social Media, and Women Farmer

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: FAKULTAS PERTANIAN (FP) & PASCASERJANA > Prodi S1 Penyuluhan Pertanian
Pengguna Deposit: 2507688013 Digilib
Date Deposited: 17 Dec 2025 07:03
Terakhir diubah: 17 Dec 2025 07:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94317

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir