PENGEMBANGAN QUIZIZZ QR CODE MODE KERTAS DALAM PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 3 BALEREJO

ELAWITA, MEISARI (2025) PENGEMBANGAN QUIZIZZ QR CODE MODE KERTAS DALAM PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 3 BALEREJO. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (175Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2642Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (2681Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan menganalisis potensi, proses pengembangan, serta efektivitas media pembelajaran matematika berbasis Quizizz mode kertas dengan QR Code yang diintegrasikan dalam model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V SD Negeri 3 Balerejo. Latar belakang penelitian adalah rendahnya minat dan hasil belajar matematika, ditunjukkan oleh 79,17% siswa yang belum mencapai KKTP. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan adaptasi model Borg & Gall yang disederhanakan melalui tahapan analisis kebutuhan, pengembangan produk, validasi ahli, uji coba awal, revisi, dan uji coba utama. Instrumen terdiri dari lembar validasi ahli dan observasi minat belajar. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1) Hasil validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan berada pada kategori sangat layak, dibuktikan melalui rata-rata skor 94,5% dari ahli materi dan 90,0% dari ahli media. 2) Efektivitas media ditunjukkan melalui hasil observasi yang mencatat peningkatan minat belajar siswa hingga mencapai kategori sangat baik 81,5%. Integrasi Quizizz mode kertas dan model PBL terbukti mampu meningkatkan keterlibatan, perhatian, dan antusiasme siswa dalam pemecahan masalah matematika. Media pembelajaran Quizizz mode kertas berbasis QR Code yang dipadukan dengan PBL dinyatakan valid, layak, dan efektif untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa sekolah dasar, serta menjadi alternatif inovatif untuk menghadirkan pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif. Berdasarkan temuan dan keterbatasan penelitian, disarankan agar pengembangan selanjutnya menguji efektivitas media pada materi matematika lainnya dan menilai dampaknya terhadap keterampilan abad ke-21 secara lebih mendalam. Guru juga direkomendasikan memanfaatkan media ini untuk mengatasi keterbatasan teknologi sekaligus meningkatkan kualitas interaksi belajar di kelas. Kata Kunci: Problem Based Learning, Quizizz QR Code Mode Kertas, Minat Belajar

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: 2507261016 Digilib
Date Deposited: 17 Dec 2025 07:18
Terakhir diubah: 17 Dec 2025 07:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94323

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir