PENGEMBANGAN MODEL SUPERVISI KELEMBAGAAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA SATUAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR DAMPINGAN DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN LAMPUNG UTARA

Dwi, Sudiarti (2025) PENGEMBANGAN MODEL SUPERVISI KELEMBAGAAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA SATUAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR DAMPINGAN DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN LAMPUNG UTARA. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK Dwi Sudiarti 2423011019.pdf

Download (111Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS_DWI_SUDIARTI_NO LAMPIRAN.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2121Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS_DWI_SUDIARTI_Bab 1235.pdf

Download (1413Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pendidikan dasar di Kabupaten Lampung Utara masih menghadapi berbagai tantangan terkait mutu tata kelola, profesionalisme guru, dan kualitas pembelajaran, antara lain karena supervisi kelembagaan yang cenderung bersifat administratif dan belum menyentuh aspek strategis pengembangan sekolah secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menguji efektivitas model supervisi kelembagaan yang sistematis, partisipatif, dan kontekstual untuk meningkatkan kinerja satuan pendidikan di sekolah dasar dampingan Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Utara tahun 2025. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE, yang meliputi tahap analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan produk awal, implementasi terbatas di 15 sekolah dasar dampingan pada empat kecamatan, serta evaluasi berkelanjutan melalui validasi ahli dan uji lapangan. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru, pengawas sekolah, dan tenaga kependidikan, dengan teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara, observasi, dan studi dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model supervisi kelembagaan yang dikembangkan dinilai layak oleh ahli desain, ahli evaluasi, dan ahli konten, serta mendapatkan respons positif dari pengguna di sekolah dasar. Implementasi model berkontribusi pada peningkatan kinerja satuan pendidikan, terutama dalam efektivitas kepemimpinan kepala sekolah, profesionalisme guru, penguatan manajemen sekolah, dan kualitas proses pembelajaran, yang tercermin dari peningkatan skor sebelum dan sesudah penerapan model. Model ini juga terbukti mampu menggeser praktik supervisi dari sekadar pemenuhan dokumen ke arah proses pembinaan yang lebih reflektif, kolaboratif, dan berbasis data, sekaligus mengoptimalkan peran pengawas dan pemanfaatan teknologi sederhana dalam kegiatan supervisi. Temuan tersebut mengindikasikan bahwa model supervisi kelembagaan yang dihasilkan dapat direkomendasikan sebagai strategi pembinaan berkelanjutan bagi Dinas Pendidikan dan sekolah dasar dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Lampung Utara.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: 2507795002 Digilib
Date Deposited: 17 Dec 2025 08:12
Terakhir diubah: 17 Dec 2025 08:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94340

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir