INTRI, HANDAYANI (2025) Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Model Project-Based Learning (PjBL) Untuk Menghasilkan Produk Fisika Sederhana Termodinamika Di SMA Negeri 1 Natar. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (17Mb) | Preview |
|
|
File PDF
tesis full (Peningkatan Kreativitas Siswa SMA Negeri 1 Natar melalui Penerapan Model Project Based Learning) (AutoRecovered) (1).pdf Restricted to Hanya staf Download (28Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
TESIS 1,2,3,5 TAMPA LAMPIRAN.pdf Download (28Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pembelajaran fisika yang efektif sangat bergantung pada metode yang dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam memahami konsep-konsep fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan model Project-Based Learning (PjBL) terhadap kreativitas siswa dalam pembuatan produk fisika sederhana berbasis materi Termodinamika di SMA Negeri 1 Natar. Penelitian menggunakan pendekatan kuntitatif kuasi eksperimen One Group Pretest-Posttest. Data dikumpulkan melalui tes kreativitas, observasi keterlaksanaan PjBL, dan penilaian produk fisika sederhana. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kreativitas siswa, yang terukur melalui perbandingan skor pretest dan posttest, dengan nilai p = 0,000 pada uji Paired Sample t-Test. Selain itu, keterlaksanaan model PjBL di kelas mencapai 88,80%, menunjukkan bahwa siswa sangat terlibat dalam setiap tahapan proyek. Temuan ini mengkonfirmasi bahwa PjBL efektif dalam meningkatkan kreativitas siswa, terutama dalam aspek originality (orsinalitas ide) dan elaboration (pengembangan ide), serta memperlihatkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat memberikan pengalaman praktis yang mendorong siswa berpikir lebih kritis dan kreatif. Penelitian ini menyarankan agar PjBL diterapkan lebih luas di SMA untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan kreativitas mereka dalam pembelajaran fisika. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengeksplorasi evaluasi individu dalam proyek kelompok dan pengaruh jangka panjang dari PjBL terhadap keterampilan siswa. Effective physics learning is highly dependent on methods that can enhance students' creativity in understanding physics concepts. This study aims to examine the effect of implementing the Project-Based Learning (PjBL) model on students' creativity in making simple physics products based on thermodynamics material at SMA Negeri 1 Natar. The study used a quasi-experimental design with a One Group Pretest-Posttest approach. Data were collected through creativity tests, observations of PjBL implementation, and assessments of simple physics products. The results showed a significant increase in student creativity, as measured by comparing pretest and posttest scores, with a p-value of 0.000 in the Paired Sample t-Test. In addition, the implementation of the PjBL model in the classroom reached 88.80%, indicating that students were highly involved in each stage of the project. These findings confirm that PjBL is effective in increasing student creativity, especially in the aspects of originality (originality of ideas) and elaboration (development of ideas), and show that project-based learning can provide practical experiences that encourage students to think more critically and creatively. This study suggests that PjBL be applied more widely in high schools to increase student engagement and creativity in physics learning. Further research is needed to explore individual evaluation in group projects and the long-term effects of PjBL on student skills
| Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Teknologi Pendidikan |
| Pengguna Deposit: | 2507824265 Digilib |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 02:01 |
| Terakhir diubah: | 18 Dec 2025 02:01 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94342 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
