REPRESENTASI PERILAKU KONSUMTIF DALAM SERIES PAYLATER (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce)

Ainun , Zanariah (2025) REPRESENTASI PERILAKU KONSUMTIF DALAM SERIES PAYLATER (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (161Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2838Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1723Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Series Paylater merepresentasikan perilaku konsumtif sebagai bagian dari realitas sosial masyarakat modern yang dibentuk melalui konstruksi makna dalam media digital. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan representasi perilaku konsumtif melalui analisis semiotika Charles Sanders Peirce dengan menelaah hubungan sign, object, dan interpretant pada sejumlah scene yang menampilkan perilaku konsumsi. Dalam konteks kajian komunikasi, series sebagai media massa berperan dalam mengonstruksi makna, membentuk representasi, serta menghadirkan realitas simbolik mengenai perilaku konsumsi masyarakat urban. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme yang memandang bahwa realitas perilaku konsumtif tidak bersifat objektif, melainkan dikonstruksi melalui visual, dialog, dan alur naratif yang kemudian ditafsirkan secara subjektif oleh penonton. Temuan penelitian menunjukkan bahwa perilaku konsumtif dalam Paylater tidak hanya didorong kebutuhan, tetapi juga nilai tanda dan pencitraan diri, sejalan dengan pandangan Jean Baudrillard mengenai konsumsi berbasis simbol. Representasi barang bermerek, gaya hidup digital, dan citra influencer memperlihatkan bahwa konsumsi berfungsi sebagai simbol status dalam pembentukan identitas masyarakat modern. Secara keseluruhan, Paylater membangun makna perilaku konsumtif melalui tanda-tanda visual yang bekerja secara simbolik dan komunikatif sebagai bagian dari proses konstruksi sosial dalam budaya media. Kata Kunci: Representasi, Perilaku Konsumtif, Series Paylater, Semiotika.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan)
Program Studi: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi S1-Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 2507243692 Digilib
Date Deposited: 17 Dec 2025 08:30
Terakhir diubah: 17 Dec 2025 08:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94347

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir