TRI , DAMAYANTI (2025) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SD. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (159Kb) | Preview |
|
|
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3253Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2732Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian dan pengembangan ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPAS. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Kupang Teba. Sampel penelitian ini diambil melalui teknik random sampling. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, angket validasi, tes, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa LKPD berbasis PBL memenuhi kriteria kelayakan dengan skor validasi ahli materi memperoleh nilai rata-rata sebesar 0,8617 dengan kategori sangat valid; skor ahli media memperoleh nilai rata-rata sebesar 0,920 dengan kategori sangat valid; skor ahli bahasa memperoleh nilai ratarata sebesar 0,7500 dengan kategori valid. Hasil uji kepraktisan memperoleh nilai 97,78 dengan kategori sangat praktis. Hasil uji efektivitas yang dilakukan menunjukan nilai N-Gain persen sebesar 64,92% pada kelas eksperimen dengan kategori cukup efektif. Hasil uji independent sample T Test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001< 0,05, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample t test dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata yang signifikan antara penggunaan LKPD berbasis PBL dengan yang tidak menggunakan LKPD berbasis PBL Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis PBL efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Problem Based Learning, Berpikir Kritis, IPAS This research and development is motivated by the problem of low critical thinking skills of students in the subject of Natural Sciences (IPAS). This study aims to develop Student Worksheets (LKPD) based on Problem Based Learning (PBL) in the subject of Natural and Social Sciences (IPAS) to improve the critical thinking skills of fifth grade elementary school students. The research method used is Research and Development (R&D) with the ADDIE development model. The population in this study were fifth grade students of SD Negeri 2 Kupang Teba. The sample of this study was taken through a random sampling technique. Data were collected through observation, validation questionnaires, tests, and documentation, then analyzed quantitatively and qualitatively. The expert validation results showed that the PBL-based LKPD met the feasibility criteria with an expert material validation score of 0.8617 on average, categorized as highly valid; an expert media score of 0.920 on average, categorized as highly valid; and an expert language score of 0.7500 on average, categorized as valid. The practicality test score was 97,78%, categorized as highly practical. The effectiveness test results showed an N-Gain percentage of 64.92% in the experimental class, which is categorized as quite effective. The independent sample T Test results showed a Sig. (2-tailed) value of 0.001< 0.05, so based on the decision-making basis in the independent sample t test, it can be concluded that H0 is rejected and H1 is accepted. Therefore, it can be concluded that there is a significant (real) difference in the average between the use of PBL-based LKPD and the non-use of PBL-based LKPD. Thus, it can be concluded that PBL-based LKPD is effective in improving students' critical thinking skills. Keywords: Student worksheet (LKPD), Problem Based Learning, critical thinking, IPAS.
| Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Keguruan Guru SD (KGSD) |
| Pengguna Deposit: | 2507889003 Digilib |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 02:59 |
| Terakhir diubah: | 18 Dec 2025 02:59 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94356 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
