RESTY , FANNY (2025) PENGEMBANGAN LKPD IPAS DENGAN PRINSIP DEEP LEARNING TERINTEGRASI STEAM UNTUK MELATIH KEMAMPUAN CREATIVE PROBLEM SOLVING SISWA SDN 1 BERINGIN RAYA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (76Kb) | Preview |
|
|
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2912Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2339Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Deep Learning yang terintegrasi dengan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) untuk meningkatkan kemampuan Creative Problem solving (CPS) siswa di SDN 1 Beringin Raya. Permasalahan utama yang dihadapi adalah kurangnya media pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk berpikir kritis dan kreatif dalam memecahkan masalah, khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Pembelajaran yang cenderung berpusat pada guru dan menggunakan pendekatan konvensional menghambat perkembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memiliki tingkat validitas yang sangat baik, praktis digunakan oleh guru, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan CPS siswa. LKPD berbasis Deep Learning yang terintegrasi dengan STEAM ini berhasil menciptakan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan relevan dengan kehidupan nyata, serta meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan media pembelajaran yang inovatif, interaktif, dan berbasis teknologi untuk mendukung keterampilan abad 21 pada siswa. Kata Kunci: LKPD, Deep Learning, STEAM, Creative Problem solving, IPA This study aims to develop a Student Worksheet (LKPD) based on the principles of Deep Learning integrated with the STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics) approach to enhance elementary students’ Creative Problem Solving (CPS) skills. The research employed a research and development design using the ADDIE model, consisting of analysis, design, development, implementation, and evaluation stages. The participants were fourth-grade students at SDN 1 Beringin Raya, along with their IPAS subject teachers. Data were collected through expert validation, teacher and student response questionnaires, and CPS skill assessments. The findings indicate that the developed LKPD is valid, practical for classroom use, and effective in fostering students’ creative problem-solving abilities. The integration of Deep Learning and STEAM provides students with a deeper, contextual, and more meaningful learning experience relevant to real-life situations. Therefore, this product can serve as an innovative learning medium that supports the implementation of the Merdeka Curriculum and the development of 21st-century skills. Keywords: LKPD, Deep Learning, STEAM, Creative Problem Solving, IPAS.
| Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Keguruan Guru SD (KGSD) |
| Pengguna Deposit: | 2507429072 Digilib |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 03:04 |
| Terakhir diubah: | 18 Dec 2025 03:04 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94357 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
