WAGINO , SUSANTO (2025) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKN) SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 KURIPAN. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (73Kb) | Preview |
|
|
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3056Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1825Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) guna meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di kelas IV SD Negeri 5 Kuripan. Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran PPKn adalah metode yang cenderung konvensional dan kurangnya media pembelajaran yang inovatif, mengakibatkan rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Untuk itu, pengembangan LKPD berbasis PBL dianggap penting untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar serta memahami nilai-nilai Pancasila secara lebih mendalam dan aplikatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi lima tahapan: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memiliki tingkat validitas yang sangat baik, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Model PBL yang diterapkan dalam LKPD ini terbukti dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi PPKn dan melibatkan mereka secara aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan media pembelajaran berbasis PBL yang kontekstual untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Kata Kunci: LKPD, Problem Based Learning (PBL), Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Hasil Belajar This study aims to develop Problem-Based Learning (PBL) worksheets (LKPD) to improve learning outcomes in the subject of Civic Education (PPKn) for Grade IV students of SD Negeri 5 Kuripan. The main issue in the PPKn learning process is the predominance of conventional teaching methods and the lack of innovative learning media, which have resulted in low student motivation and learning outcomes. Therefore, the development of PBL-based worksheets is considered essential to enhance student engagement in the learning process and to help them understand Pancasila values more deeply and contextually. This research employs a Research and Development (R&D) approach using the ADDIE model, consisting of five stages: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The results indicate that the developed worksheets have a very high level of validity, practicality, and effectiveness in improving student learning outcomes. The PBL model applied in the worksheets has proven to enhance students’ understanding of PPKn material and engage them actively in the learning process. This study contributes significantly to the development of contextual PBL-based learning media to improve the quality of learning in elementary schools. Keywords: Worksheet, Problem-Based Learning (PBL), Civic Education (PPKn), Learning Outcomes.
| Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Keguruan Guru SD (KGSD) |
| Pengguna Deposit: | 2507212855 Digilib |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 03:36 |
| Terakhir diubah: | 18 Dec 2025 03:36 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94362 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
