SURYA, MEUTIANA (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERORIENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA FASE E DI SMAN 1 SEKAMPUNG UDIK TAHUN 2025. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (11Mb) | Preview |
|
|
File PDF
TESIS TANPA LAMPIRAN.pdf Restricted to Hanya staf Download (18Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
TESIS TANPA BAB 4 DAN LAMPIRAN.pdf Download (18Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E- Modul pembelajaran kimia berorientasi Problem Based Learning (PBL) yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa fase E. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model Borg and Gall. Data dikumpulkan melalui teknik angket, validasi ahli, dan uji coba terbatas. Subjek uji coba terdiri dari 60 orang siswa Fase E di SMAN 1 Sekampung Udik, dengan Instrumen pegumpulan data mencakup lembar analisis kebutuhan, validasi ahli, respon siswa, dan angket motivasi belajar sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Kondisi selama ini, dalam proses pembelajaran kimia di sekolah masih menggunakan pendekatan konvensional, belum memanfaatkan media digital, dan siswa memiliki motivasi belajar yang rendah. Dengan Potensi yang dimiliki oleh sekolah selama ini sangat memungkinkan dikembangkannya media pembelajaran berupa E – Modul yang berorientasi PBL dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, (2) Pengembangan E – Modul mengikuti tahapan Borg and Gall menghasilkan produk yang valid berdasarkan penilaian ahli, diperoleh hasil validasi dari ahli materi sebesar 81,43 % (kategori sangat layak) dan hasil validasi dari ahli desain dan media sebesar 91,7 % (kategori sangat layak) (3) E – Modul memiliki karakteristik yang mencerminkan sintaks PBL, dan dilengkapi media pendukung interaktif, (4) Penggunaan E – Modul secara efektif meningkatkan motivasi belajar siswa hal ini dilihat dari hasil perhitungan diperoleh tingkat motivasi pada kelas X.7 meningkat dari 76.90% ke 93.22% dengan kategori sangat tinggi, pada kelas X.8 meningkat dari 76.03% ke 93.60% dengan kategori sangat tinggi. Sedangkan efektifitas penggunaan E – Modul dilihat dari perhitungan menggunakan N Gain diperoleh hasil untuk kelas X.7 sebesar 70.70% katagori efektif, dan untuk kelas X.8 sebesar 71.16% kategori efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan E – Modul berorientasi PBL ini layak dan efektif meningkatkan motivasi belajar siswa. This research aims to develop Problem Based Learning (PBL) oriented chemistry learning E-modules that aim to increase the learning motivation of E phase students. This research uses the research and development (R&D) method with the Borg and Gall model. Data were collected through questionnaire techniques, expert validation, and limited trials. The test subjects consisted 60 persons of Phase E students at SMAN 1 Sekampung Udik, with data collection instruments including needs analysis sheets, expert validation, and learning motivation questionnaires before and after treatment. The results showed that (1) The conditions so far, in the process of learning chemistry in schools still use conventional approaches, have not utilized digital media, and students have low learning motivation. With the potential possessed by the school so far, it is possible to develop learning media in the form of PBL-oriented E-Modules with the aim of increasing student learning motivation, (2) The development of E-Modules following the stages of Borg and Gall produces valid products based on expert assessment, obtained validation results from material experts of 81,43% (very feasible category) and validation results from design and media experts of 91.7% (very feasible category) (3) E-Modules have characteristics that reflect PBL syntax, and are equipped with interactive supporting media, (4) The use of E-Modules effectively increases student learning motivation, this can be seen from the results of calculations obtained by the level of motivation in class X.7 increased from 76.90% to 93.22% with a very high category, in class X.8 increased from 76.03% to 93.60% with a very high category. While the effectiveness of the use of E - Module seen from the calculation using N Gain obtained results for class X.7 of 70.70% effective category, and for class X.8 of 71.16% effective category. Thus it can be concluded that the development of PBL-oriented E-Modules is feasible and effective in increasing student learning motivation.
| Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Teknologi Pendidikan |
| Pengguna Deposit: | 2507583837 Digilib |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 05:41 |
| Terakhir diubah: | 18 Dec 2025 05:41 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94392 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
