PENGEMBANGAN PLATFORM LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) BERBASIS H5P DAN OAUTH 2.0 UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN DASAR-DASAR FOTOGRAFI MELALUI GAMIFIKASI

SULISTIYONO, - (2025) PENGEMBANGAN PLATFORM LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) BERBASIS H5P DAN OAUTH 2.0 UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN DASAR-DASAR FOTOGRAFI MELALUI GAMIFIKASI. Masters thesis, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (185Kb) | Preview
[img] File PDF
Tesis Sulistiyono.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (17Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Tesis Sulistiyono Tanpa Pembahasan.pdf

Download (13Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Learning Management System (LMS) berbasis H5P dan OAuth 2.0 guna meningkatkan engagement peserta didik dalam pembelajaran dasar-dasar fotografi melalui pendekatan gamifikasi. Pengembangan dilakukan menggunakan model Research and Development (R&D) mengacu pada langkah-langkah Borg and Gall, meliputi analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan produk awal, validasi ahli, uji coba terbatas, revisi produk, dan uji lapangan. Subjek penelitian terdiri atas peserta didik kelas X Desain Komunikasi Visual (DKV) di SMK Negeri 1 Bandar Lampung. Data diperoleh melalui aktivitas log pada LMS Moodle, kuesioner engagement, dan hasil evaluasi pembelajaran. Hasil validasi ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa menunjukkan bahwa LMS yang dikembangkan memiliki tingkat kelayakan sangat layak dengan nilai r hitung > 0,70 dan reliabilitas Cronbach Alpha > 0,94. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa penerapan elemen gamifikasi seperti experience points (XP), leaderboard, dan sertifikat digital mampu meningkatkan motivasi, kenyamanan, serta keterlibatan peserta didik secara signifikan. Analisis statistik menggunakan SPSS menunjukkan peningkatan positif pada aspek behavioral, emotional, dan cognitive engagement setelah penerapan LMS berbasis H5P dan OAuth 2.0. Dengan demikian, LMS yang dikembangkan terbukti efektif sebagai media pembelajaran interaktif yang tidak hanya memperkuat motivasi belajar, tetapi juga mendorong partisipasi aktif peserta didik dalam pembelajaran berbasis teknologi. This research aims to develop an H5P and OAuth 2.0-based Learning Management System (LMS) to enhance student engagement in Basic Photography learning through a gamification approach. Development was carried out using the Research and Development (R&D) model, referring to the steps outlined by Borg and Gall, including needs analysis, design, initial product development, expert validation, limited testing, product revision, and field testing. The research subjects consisted of 10th-grade students in Visual Communication Design (DKV) at SMK Negeri 1 Bandar Lampung. Data was obtained through log activity on the Moodle LMS, an engagement questionnaire, and learning evaluation results. The validation results from media experts, content experts, and language experts indicate that the developed LMS is highly feasible, with a calculated r-value > 0.70 and a Cronbach Alpha reliability > 0.94. Field trial results show that implementing gamification elements such as experience points (XP), leaderboards, and digital certificates can significantly increase student motivation, comfort, and engagement. Statistical analysis using SPSS showed a positive increase in behavioural, emotional, and cognitive engagement after implementing an LMS based on H5P and OAuth 2.0. Therefore, the developed LMS proved effective as an interactive learning medium that not only strengthened learning motivation but also encouraged active student participation in technology-based learning.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: 2507221069 Digilib
Date Deposited: 18 Dec 2025 04:39
Terakhir diubah: 18 Dec 2025 04:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94400

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir