FERA, YUSNITARINI (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL UNTUK MEMETAKAN BAKAT MINAT SISWA SMP DALAM PEMILIHAN SEKOLAH LANJUTAN. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
01. TESIS FERA (abstrak).pdf Download (193Kb) | Preview |
|
|
File PDF
02. Tesis Tanpa Lampiran Fera.pdf Restricted to Hanya staf Download (5Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
03. Tesis Tanpa Pembahasan dan Lampiran Fera.pdf Download (5Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif berbasis pemetaan bakat dan minat bagi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebagai media bimbingan dan konseling dalam menentukan pilihan sekolah lanjutan yang sesuai dengan potensi diri. Latar belakang penelitian ini didasari oleh fenomena banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam mengenali potensi, minat, dan bakatnya sehingga kerap mengambil keputusan pendidikan berdasarkan pengaruh eksternal seperti orang tua dan teman sebaya. Hal tersebut mengakibatkan ketidaksesuaian antara kemampuan, minat, dan arah pendidikan yang dipilih. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas IX SMP dan guru Bimbingan Konseling. E-modul dikembangkan menggunakan platform Google Sites, yang memuat instrumen asesmen minat dan bakat berbasis teori Holland RIASEC, panduan refleksi diri, serta rekomendasi pilihan sekolah lanjutan. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media untuk menilai kelayakan isi, tampilan, dan interaktivitas e-modul, sedangkan uji coba terbatas dilakukan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan kepraktisan penggunaan e-modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan layak dengan nilai rata-rata 96,08% dan praktis dengan nilai rata-rata 91,66 %, sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran bimbingan dan konseling. E-modul ini membantu siswa dalam mengenali potensi diri, meningkatkan pemahaman terhadap bakat dan minat, serta mendorong pengambilan keputusan pendidikan yang lebih terarah dan mandiri. Dengan demikian, pengembangan e-modul interaktif berbasis pemetaan bakat dan minat ini dapat menjadi solusi inovatif dalam meningkatkan layanan bimbingan konseling serta mendukung penerapan pembelajaran digital yang berorientasi pada kebutuhan individual siswa. Kata kunci: e-modul, bakat dan minat, bimbingan konseling, pemilihan sekolah lanjutan, RIASEC.
| Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
|---|---|
| Subyek: | 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Teknologi Pendidikan |
| Pengguna Deposit: | 2507772304 Digilib |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 07:48 |
| Terakhir diubah: | 18 Dec 2025 07:48 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94446 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
