KAJIAN METODE K-MEANS CLUSTER ANALYSIS DAN METODE ELLIPS KESALAHAN UNTUK MENENTUKAN DAERAH RAWAN KECELAKAAN LALU LINTAS (Studi Kasus: Jalan Yos Sudarso Bandar Lampung)

IRZA , CHAIRUL ANAM (2025) KAJIAN METODE K-MEANS CLUSTER ANALYSIS DAN METODE ELLIPS KESALAHAN UNTUK MENENTUKAN DAERAH RAWAN KECELAKAAN LALU LINTAS (Studi Kasus: Jalan Yos Sudarso Bandar Lampung). FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_IRZA CHAIRUL ANAM_2015071008 - irza choirulanam.pdf

Download (529Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL_IRZA CHAIRUL ANAM_2015071008 - irza choirulanam.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN_IRZA CHAIRUL ANAM_2015071008 - irza choirulanam.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Metode K-means Cluster Analysis digunakan untuk mengelompokkan data sebaran kecelakaan ke dalam setiap cluster berdasarkan jarak terdekat antara data dengan pusat cluster. Metode Ellips Kesalahan dapat menentukan distribusi kecelakaan lalu lintas berdasartkan luas ellips yang terbentuk. Kedua metode memiliki efisiensi masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kombinasi dari kedua metode dalam menentukan daerah rawan kecelakaan lalu lintas di Jalan Yos Sudarso Kecamatan Teluk Betung Selatan dan Kecamatan Panjang menggunakan data kecelakaan lalu lintas tahun 2019 sampai 2023 dari Satlantas Polresta Bandar Lampung. Metode K-means Cluster Analysis dilakukan dengan menentukan 3 centroid awal, kemudian mengelompokkan data ke dalam 3 cluster berdasarkan jarak antara data dengan titik pusat cluster. Metode Ellips Kesalahan dilakukan dengan menghitung matriks variansi kovariansi untuk menentukan nilai unsur-unsur ellips untuk menggambarkan luas ellips. Hasil analisis metode K-means Cluster Analysis membentuk 3 cluster yaitu C1, C2, dan C3 dengan C2 dikategorikan sebagai daerah rawan kecelakaan. Centroid C1 terletak di segmen 4 dengan 9 kejadian kecelakaan, centroid C2 terletak di segmen 10 dengan 32 kejadian kecelakaan, dan centroid C3 terletak di segmen 15 dengan 14 kejadian kecelakaan. Analisis metode Ellips Kesalahan membentuk ellips dengan luas 3,14 km2 dan konsentrasi kecelakaan dalam ellips berada di segmen 9 sampai segmen 11. Kombinasi keduanya menghasilkan analisis yang lebih komprehensif dengan K-means Cluster Analysis untuk mengidentifikasi kelompok kecelakaan berdasarkan karakteristik tertentu dan Ellips Kesalahan untuk memperkirakan area rawan kecelakaan. Kata Kunci: k-means cluster analysis, ellips kesalahan, kecelakaan lalu lintas, jalan yos sudarso

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: FAKULTAS TEKNIK (FT) > Prodi S1-Teknik Geodesi
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 18 Dec 2025 07:24
Terakhir diubah: 18 Dec 2025 07:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94460

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir