EKSPLORASI FAKTOR SOSIAL SEBAGAI PENENTU MOTIVASI SISWA DALAM PARTISIPASI PERLOMBAAN IPS DI SMPN KOTA BANDAR LAMPUNG

SRI, ASTUTI (2025) EKSPLORASI FAKTOR SOSIAL SEBAGAI PENENTU MOTIVASI SISWA DALAM PARTISIPASI PERLOMBAAN IPS DI SMPN KOTA BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3378Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3269Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi secara mendalam faktor-faktor sosial yang mempengaruhi motivasi siswa dalam mengikuti perlombaan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus agar dapat memahami fenomena secara kontekstual dan holistik. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, serta studi dokumentasi, dengan melibatkan guru pembimbing dan siswa peserta lomba sebagai informan utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa dipengaruhi oleh kombinasi faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi minat yang tinggi terhadap mata pelajaran IPS, rasa ingin tahu terhadap isu sosial, serta dorongan untuk berprestasi dan memperoleh pengakuan akademik. Sementara itu, faktor eksternal mencakup dukungan moral dan emosional dari guru, keluarga, serta teman sebaya, di samping peran fasilitas dan lingkungan belajar sekolah yang kondusif. Hambatan yang ditemukan antara lain kurangnya program pembinaan yang terstruktur dan berkelanjutan, rendahnya kepercayaan diri sebagian siswa, serta minimnya apresiasi terhadap prestasi di bidang IPS dibandingkan dengan bidang lain seperti sains atau olahraga.Temuan ini menggarisbawahi pentingnya sinergi antara sekolah, keluarga, teman sebaya dan lingkungan sosial dalam menumbuhkan motivasi berprestasi siswa. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan program pembinaan lomba IPS yang berkelanjutan, peningkatan peran guru sebagai mentor akademik, serta kebijakan sekolah yang memberikan penghargaan dan dukungan lebih besar terhadap kegiatan kompetisi akademik. Dengan demikian, diharapkan motivasi dan partisipasi siswa dalam lomba IPS dapat meningkat secara signifikan dan berkelanjutan. Kata kunci: Faktor Sosial, Motivasi, Siswa, Lomba This study aims to explore in depth the social factors that influence student motivation in participating in Social Sciences (IPS) competitions at State Junior High Schools (SMPN) in Bandar Lampung City. This study uses a qualitative approach with a case study design in order to understand the phenomenon contextually and holistically. Data were collected through in-depth interviews, participatory observation, and documentation studies, involving guidance teachers and student contestants as the main informants. The results of the study show that student motivation is influenced by a combination of internal and external factors. Internal factors include a high level of interest in social studies, curiosity about social issues, and the desire to achieve and gain academic recognition. Meanwhile, external factors include moral and emotional support from teachers, family, and peers, as well as the role of facilities and a conducive school learning environment. The obstacles found include the lack of structured and sustainable coaching programs, low self-confidence among some students, and minimal appreciation for achievements in social studies compared to other fields such as science or sports. These findings underscore the importance of synergy between schools, families, and social environments in fostering student motivation to achieve. This study recommends the development of a sustainable social studies competition coaching program, an increased role for teachers as academic mentors, and school policies that provide greater recognition and support for academic competitions. Thus, it is hoped that student motivation and participation in social studies competitions will increase significantly and sustainably. Keywords: Social Factors, Motivation, Student, IPS Competition, Junior Highs School

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: 2507468973 Digilib
Date Deposited: 22 Dec 2025 01:31
Terakhir diubah: 22 Dec 2025 01:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94493

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir