Pengembangan Media Whiteboard Animation Pada Pembelajaran Teks Prosedur Kelas VII

Ramadhan, Anggit Sastrawan (2025) Pengembangan Media Whiteboard Animation Pada Pembelajaran Teks Prosedur Kelas VII. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF (Bagian Abstrak)
ABSTRAK_Ramadhan Anggit Sastrawan_2223041003.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img] File PDF (Tesis Full)
Tesis Full_Ramadhan Anggit Sastrawan_2223041003.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3326Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF (Tesis Full tanpa Pembahasan)
Tesis Full Tanpa Pembahasan_Ramadhan Anggit Sastrawan_2223041003.pdf

Download (2610Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah pada penelitian ini ialah pengembangan media whiteboard animation pada pembelajaran teks prosedur kelas VII. Berdasarkan masalah tersebut, tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media, menguji kelayakan, dan menguji efektivitas media whiteboard animation pada pembelajaran teks prosedur kelas VII. Penelitian ini menggunakan metode Research and dvelopment (R & D) dengan model ADDIE yang terdiri atas lima tahap dalam pelaksanaannya. Pertama adalah analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development),implementasi (impelementation), evaluasi (evaluate). Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan wawancara, angket, dan uji coba terhadap peserta didik. Hasil penelitian ini (1) mengembangkan media whiteboard animation pada pembelajaran teks prosedur kelas VII dimulai dari tahap analysis, design, development, implement, dan evaluate. (2) media whiteboard animation mendapatkan kategori sangat layak digunakan dan diimplementasikan untuk media pembelajaran pada pembelajaran teks prosedur dengan hasil uji validasi ahli materi, ahli media, dan praktisi dengan skor rata-rata kelayakan sebesar 92%, (3) media whiteboard animation efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan belajar peserta didik dengan memperleh nilai rata-rata pretes siswa 62,5 dan nilai rata-rata posttest siswa 85,5 sedangkan nilai rata-rata efektivitas N-gain yang diperoleh 0,62 dengan kategori sedang. Kata Kunci: media pembelajaran, whiteboard animation, teks prosedur

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
400 Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 2507443880 Digilib
Date Deposited: 22 Dec 2025 01:40
Terakhir diubah: 22 Dec 2025 01:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94502

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir