Fitri, Yani (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL BERBASIS MULTIKULTURAL DI SMP NEGERI 41 BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
abstrak digilip.pdf Download (100Kb) | Preview |
|
|
File PDF
lengkap digilip oke.pdf Restricted to Hanya staf Download (1523Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
tanpa bab empat digilib.pdf Download (1298Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila yang masih banyak menggunakan metode konvensional, sehingga nilai-nilai Pancasila dan sikap multikultural belum sepenuhnya tercermin dalam perilaku siswa. Pembelajaran yang berfokus pada aspek kognitif membuat siswa kurang memahami makna nilai-nilai Pancasila secara kontekstual dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi model Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui permainan tradisional Gobak Sodor dan Terompah pada pembelajaran Pendidikan Pancasila, mengungkap bagaimana permainan tradisional berbasis multikultural berfungsi sebagai media pembelajaran, serta menganalisis kontribusinya terhadap keterlibatan siswa dan penguatan sikap multikultural seperti toleransi, kerja sama, disiplin, dan kepedulian sosial. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di SMP Negeri 41 Bandar Lampung. Data dikumpulkan melalui observasi kegiatan pembelajaran, wawancara dengan guru, siswa, dan kepala sekolah, refleksi siswa, serta dokumentasi proses pembelajaran. Analisis data dilakukan secara interaktif melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan CTL melalui permainan tradisional menciptakan pengalaman belajar yang aktif, menyenangkan, dan relevan dengan kehidupan siswa. Siswa mampu mengaitkan nilai-nilai Pancasila dengan pengalaman langsung saat bermain, sekaligus menunjukkan sikap multikultural berupa toleransi, gotong royong, sikap inklusif, kejujuran, dan empati. Pembelajaran berbasis permainan tradisional juga meningkatkan interaksi positif antar siswa dan memperkuat makna nilai-nilai Pancasila dalam konteks nyata. Kata kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), permainan tradisional, Pendidikan Pancasila, nilai multikultural, sekolah menengah pertama
| Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Pendidikan IPS |
| Pengguna Deposit: | Fitriyani yani Fitri |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 06:32 |
| Terakhir diubah: | 22 Dec 2025 06:32 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94561 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
