HUBUNGAN REGULASI EMOSI DAN SELF-DISCLOSURE PADA MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

MITA , PARAMUDYA (2025) HUBUNGAN REGULASI EMOSI DAN SELF-DISCLOSURE PADA MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3375Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3232Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah mahasiswa bimbingan dan konseling yang tidak dapat menyesuaikan diri di lingkungan baru, tidak percaya diri untuk membuka informasi diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi emosi dengan self-disclosure pada mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Lampung. Self-disclosure merupakan kemampuan individu untuk mengungkapkan informasi pribadi kepada orang lain secara terbuka dan jujur, yang menjadi salah satu kompetensi penting dalam proses konseling. Sementara itu, regulasi emosi adalah kemampuan individu dalam mengelola dan mengontrol emosi agar dapat berfungsi secara adaptif dalam kehidupan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel penelitian ini berjumlah 103 mahasiswa Angkatan 2024 Bimbingan dan Konseling Universitas Lampung dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling acak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala regulasi emosi dan skala self-disclosure. Hasil penelitian menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,00<0,05 serta nilai koefisien korelasi sebesar 0,626 dengan demikian, H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara regulasi emosi dengan self-disclosure mahasiswa, yang berarti semakin tinggi regulasi emosi maka semakin tinggi pula self-disclosure, begitu pula sebaliknya. Kata kunci: regulasi emosi, self-disclosure.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: 2507975327 Digilib
Date Deposited: 23 Dec 2025 07:05
Terakhir diubah: 23 Dec 2025 07:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94584

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir