PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA BERBASIS VIDEO ANIMASI TERHADAP MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 2 MENGGALA

LIAN, NURHALIZA (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA BERBASIS VIDEO ANIMASI TERHADAP MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 2 MENGGALA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Lian Nurhaliza_2113034003_Abstrak_Digilib - Lian Nurhaliza.pdf

Download (583Kb) | Preview
[img] File PDF
Lian Nurhaliza_2113034003_Full_Digilib_Revisi - Lian Nurhaliza.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Lian Nurhaliza_2113034003_Tanpa Bab IV_Digilib_Revisi - Lian Nurhaliza.pdf

Download (3373Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 2 Menggala, yang disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran konvensional serta kurangnya pemanfaatan media pembelajaran berbasis multimedia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia berbasis video animasi terhadap minat belajar siswa kelas XI dalam mata pelajaran Geografi. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen menggunakan desain pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket minat belajar, dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Menggala, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket minat belajar yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Data dianalisis menggunakan uji t-test untuk mengetahui perbedaan minat belajar antara kelas eksperimen yang menggunakan multimedia berbasis video animasi dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 (<0,05) dengan interval kepercayaan 95% berada pada rentang 9,878 hingga 23,562. Berdasarkan hasil tersebut, hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan multimedia berbasis video animasi terhadap peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran Geografi. Kata Kunci: Geografi, Minat Belajar, Multimedia, Video Animasi This research was motivated by the low learning interest of students in Geography subjects at SMA Negeri 2 Menggala, which is attributed to the use of conventional teaching methods and the lack of multimedia-based learning tools. The aim of this study is to determine the effect of using animated video-based multimedia on the learning interest of Grade XI students in Geography. The study employed a quantitative method with an experimental approach using a pretest-posttest control group design. Data were collected through observation, interviews, learning interest questionnaires, and documentation. The population of this study consisted of all Grade XI students at SMA Negeri 2 Menggala, with the sample selected using purposive sampling technique. The research instrument used was a learning interest questionnaire that had been tested for validity and reliability. The data were analyzed using a t-test to identify differences in learning interest between the experimental class, which used animated video-based multimedia, and the control class, which used conventional teaching methods. The results of the t-test showed a significance value (2-tailed) of 0.000 (<0.05), with a 95% confidence interval ranging from 9.878 to 23.562. Based on these results, the null hypothesis (H0) was rejected and the alternative hypothesis (H1) was accepted. Thus, it can be concluded that the use of animated video-based multimedia has a significant effect on increasing students' learning interest in Geography. Keywords: Animated Video, Geography, Learning Interest, Multimedia

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
600 Teknologi (ilmu terapan) > 609 Sejarah, perlakuan geografis, biografi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 23 Dec 2025 06:27
Terakhir diubah: 23 Dec 2025 06:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94600

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir