Widya Rahmadatul, Setiani (2025) Analisis Pemahaman Konsep Kubus Berdasarkan Teori APOS. Masters thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (5Mb) | Preview |
|
|
File PDF (TESIS FULL)
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (7Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF (TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN)
TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (7Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pada pembelajaran matematika, pemahaman konsep merupakan komponen penting dalam menunjang keterampilan matematis lainnya. Hal ini sejalan dengan indikator PISA pada level 2, yang menekankan kemampuan peserta didik dalam menggunakan suatu konsep dasar matematika pada masalah sehari-hari. Namun, hasil dari berbagai penelitian menunjukkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik di Indonesia masih lemah, terutama pada materi geometri. Dalam geometri, salah satu konsep yang memerlukan pemahaman yang kompleks adalah bangun ruang, dengan kubus sebagai materi awal yang dipelajari. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konstruksi konsep kubus yang dimiliki peserta didik berdasarkan teori konstruksi APOS (Aksi– Proses – Objek– Skema). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain deskriptif eksploratif menggunakan kerangka konstruksi APOS. Subjek penelitian ini merupakan peserta didik kelas IX dari dua SMP Negeri di Kabupaten Lampung Tengah, dengan calon subjek sebanyak 160 peserta didik. Calon subjek direduksi, sehingga diperoleh sebanyak 6 peserta didik sebagai subjek untuk dianalisis lebih lanjut. Pengumpulan data dilakukan menggunakanan instrument tes dan wawancara yang disesuaikan indikator pemahaman konsep. Data penelitian diperoleh melalui tes yang dilengkapi CRI, think aloud dan wawancara, yang selanjutnya dianalisis menggunakan pre-code transkrip think aloud, jawaban tertulis dan transkrip wawancara, kemudian dikategorikan berdasarkan tahapan konstruksi APOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola konstruksi konsep yang dimiliki pesera didik sangat beragam. Sehingga konstruksi konsep yang diperoleh dikategorikan menjadi Miskonsepsi - Konstruksi Parsial, Miskonsepsi - Konstruksi Konsep Inkonsisten, Paham Konsep - Konstruksi Konsep Lengkap. Temuan ini menegaskan tahapan konstruksi konsep dalam teori APOS yang dimiliki setiap peserta didik beragam. Penelitian ini merekomendasikan perlunya analisis lebih dalam untuk menghasilkan tahapan konstruksi konesp pada konsep geometri peserta didik yang lebih optimal.
| Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Pendidikan Matematika |
| Pengguna Deposit: | 2507192759 Digilib |
| Date Deposited: | 23 Dec 2025 08:33 |
| Terakhir diubah: | 23 Dec 2025 08:33 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94610 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
