Koryati, Afianasari (2025) MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS ECOLOGICAL APPROACH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL PESERTA DIDIK SMPN 11 PESAWARAN. Masters thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
Thesis_Koryati Afianasari (Abstrak).pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Thesis_Koryati Afianasari (Tanpa Lampiran) (1).pdf Restricted to Hanya staf Download (1908Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
Thesis_Koryati Afianasari (Tanpa BAB IV & Lampiran) (2).pdf Download (1212Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pembelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) dengan penggunaan model konvensional kurang melibatkan peserta didik secara aktif, khususnya dalam memahami konsep geografi. Penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbasis ecological approach menawarkan solusi melalui pembelajaran di dalam kelas dan juga langsung dilingkungan nyata yang sesuai dengan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbasis ecological approach dapat meningkatkan kemampuan berpikir spasial peserta didik SMPN 11 Pesawaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-experimental design menggunakan rancangan two-group pretest-post test control group design dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 66 peserta didik yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan masing-masing berjumlah 33 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Independent Samplet Test dan uji N-Gain Score berbantuan SPSS versi29. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hitung11,145>ttabel1,999, maka H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbasis ecological approach terhadap peningkatan kemampuan berpikir spasial peserta didik. Efektivitas penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbasis ecological approach juga dapat dilihat berdasarkan perbedaan nilai rata-rata (mean) N-Gain Score pada kelas eksperimen sebesar 58,74% (cukupefektif) dan kelas kontrol sebesar 31,62% (tidak efektif). Dengan demikian, model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbasis ecological approach dinilai cukup efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional untuk meningkatkan kemampuan berpikir spasial peserta didik dalam memahami konsep-konsep Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
| Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Pendidikan IPS |
| Pengguna Deposit: | 2507196982 Digilib |
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 02:13 |
| Terakhir diubah: | 24 Dec 2025 02:13 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94612 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
