PENGGUNAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 10 BANDAR LAMPUNG

Iqbal , Ma'rif (2025) PENGGUNAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 10 BANDAR LAMPUNG. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img] File PDF
IQBAL MA'RIF_1913052042_ABSTRAK.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (456Kb) | Minta salinan
[img] File PDF
IQBAL MA'RIF_1913052042_SKRIPSI FULL_TANPA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2009Kb) | Minta salinan
[img] File PDF
IQBAL MA'RIF_1913052042_SKRIPSI FULL_TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1939Kb) | Minta salinan

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya konsentrasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 10 Bandar Lampung tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain one group pretest-posttest design. Data dikumpulkan melalui skala konsentrasi belajar berbentuk model Likert yang diisi siswa pada saat pretest dan posttest. Subjek penelitian terdiri dari 8 siswa kelas VII. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji statistik nonparametrik, yaitu uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan konsentrasi belajar siswa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi. Hal ini dibuktikan dengan nilai Zhitung = -2,524 < Ztabel = 1,645 pada taraf signifikansi α = 5%, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 10 Bandar Lampung tahun ajaran 2024/2025. Kata Kunci: pelayanan, bimbingan kelompok, teknik diskusi, konsentrasi belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: 2507460409 Digilib
Date Deposited: 24 Dec 2025 03:31
Terakhir diubah: 24 Dec 2025 03:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94620

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir