Ferinda Eka Adlina , 1112011138 (2015) TANGGUNG JAWAB BANK TERHADAP NASABAH PENGGUNA ATM YANG KEHILANGAN DANA SIMPANANNYA (STUDI PADA BANK BUKOPIN). FAKULTAS HUKUM, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (501Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (303Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (50Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (187Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (179Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (220Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (94Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (295Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Anjungan Tunai Mandiri (ATM) merupakan salah satu bentuk dari kemajuan teknologi dalam perbankan, berupa sebuah alat atau media elektronik yang menyediakan sebuah layanan kepada nasabah penyimpan dana dalam bentuk tabungan dan mengizinkannya untuk melakukan transaksi-transaksi pembayaran, mengambil uang atau mengecek saldo simpanan. Namun dengan adanya kemajuan terknologi ini menimbulkan berbagai masalah yang merugikan nasabah bank, yaitu hilangnya dana simpanan nasabah pengguna ATM. Hilangnya dana simpanan milik nasabah pengguna ATM dapat terjadi akibat kesalahan dari pihak bank dan kesalahan dari pihak nasabah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yang pertama adalah bagaimana hak dan kewajiban nasabah penyimpan dana. Kedua, bagaimana tanggung jawab bank terhadap nasabah pengguna ATM yang kehilangan dana simpanannya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum normatif-terapan, dengan tipe penelitian deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh langsung dari hasil wawancara dengan narasumber, dan data skunder yang terdiri dari bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan studi pustaka, studi dokumen, dan studi catatan hukum. Pengolahan data dilakukan dengan cara seleksi data, pemeriksaan data, klasifikasi data, dan penyusunan data. Data-data yang diperoleh kemudian di analisis dengan menggunakan cara analisis kualitatif. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa sebagai nasabah wajib untuk memberitahukan informasi atas kerugian yang dideritanya kepada pihak bank, dan nasabah pengguna ATM wajib menjaga kerahasian pin ATM. Nasabah juga berhak mendapatkan ganti kerugian atas dana simpanan yang hilang. Ganti kerugian yang diberikan oleh bank kepada nasabah, hanya karena kesalahan dari pihak bank, seperti terjadinya kesalahan sistem pada ATM saat dilakukannya transaksi penarikan dana. Jika hilangnya simpanan milik nasabah pengguna ATM akibat dari kelalaian pihak nasabah pengguna ATM yaitu memberikan pin ATM kepada orang lain, maka bank tidak mengganti kerugian tersebut. Kata kunci : Tanggung jawab, Bank, Nasabah, ATM.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > KZ Law of Nations |
Program Studi: | Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum S1 |
Pengguna Deposit: | 7372380 . Digilib |
Date Deposited: | 30 Apr 2015 09:37 |
Terakhir diubah: | 04 May 2015 01:56 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9625 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |