TANGGUNG JAWAB BANK TERHADAP NASABAH PENGGUNA ATM YANG KEHILANGAN DANA SIMPANANNYA (STUDI PADA BANK BUKOPIN)

Ferinda Eka Adlina , 1112011138 (2015) TANGGUNG JAWAB BANK TERHADAP NASABAH PENGGUNA ATM YANG KEHILANGAN DANA SIMPANANNYA (STUDI PADA BANK BUKOPIN). FAKULTAS HUKUM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (501Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (303Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (187Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (179Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (220Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (94Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Anjungan Tunai Mandiri (ATM) merupakan salah satu bentuk dari kemajuan teknologi dalam perbankan, berupa sebuah alat atau media elektronik yang menyediakan sebuah layanan kepada nasabah penyimpan dana dalam bentuk tabungan dan mengizinkannya untuk melakukan transaksi-transaksi pembayaran, mengambil uang atau mengecek saldo simpanan. Namun dengan adanya kemajuan terknologi ini menimbulkan berbagai masalah yang merugikan nasabah bank, yaitu hilangnya dana simpanan nasabah pengguna ATM. Hilangnya dana simpanan milik nasabah pengguna ATM dapat terjadi akibat kesalahan dari pihak bank dan kesalahan dari pihak nasabah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yang pertama adalah bagaimana hak dan kewajiban nasabah penyimpan dana. Kedua, bagaimana tanggung jawab bank terhadap nasabah pengguna ATM yang kehilangan dana simpanannya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum normatif-terapan, dengan tipe penelitian deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh langsung dari hasil wawancara dengan narasumber, dan data skunder yang terdiri dari bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan studi pustaka, studi dokumen, dan studi catatan hukum. Pengolahan data dilakukan dengan cara seleksi data, pemeriksaan data, klasifikasi data, dan penyusunan data. Data-data yang diperoleh kemudian di analisis dengan menggunakan cara analisis kualitatif. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa sebagai nasabah wajib untuk memberitahukan informasi atas kerugian yang dideritanya kepada pihak bank, dan nasabah pengguna ATM wajib menjaga kerahasian pin ATM. Nasabah juga berhak mendapatkan ganti kerugian atas dana simpanan yang hilang. Ganti kerugian yang diberikan oleh bank kepada nasabah, hanya karena kesalahan dari pihak bank, seperti terjadinya kesalahan sistem pada ATM saat dilakukannya transaksi penarikan dana. Jika hilangnya simpanan milik nasabah pengguna ATM akibat dari kelalaian pihak nasabah pengguna ATM yaitu memberikan pin ATM kepada orang lain, maka bank tidak mengganti kerugian tersebut. Kata kunci : Tanggung jawab, Bank, Nasabah, ATM.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Hukum Pidana > KZ Law of Nations
Program Studi: Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum S1
Depositing User: 7372380 . Digilib
Date Deposited: 30 Apr 2015 09:37
Last Modified: 04 May 2015 01:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9625

Actions (login required)

View Item View Item