PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA N 1 KEDONDONG KABUPATEN PESAWARAN TAHUN 2010/2011

0643034036, Selya Febriada (2011) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA N 1 KEDONDONG KABUPATEN PESAWARAN TAHUN 2010/2011. UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover dalam.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Motto.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pernyataan.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Persembahan.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
persetujuan.pdf

Download (68Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (54Kb) | Preview
[img] Text
4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (897Kb)
[img] Text
5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12Kb)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar bidang studi Geografi materi Lingkungan Hidup pada siswa kelas XI IPS-4 semester II SMAN 1 Kedondong melalui penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 3 siklus tindakan. Dalam penelitian ini data yang diperoleh adalah berupa proses pembelajaran siswa dan prestasi belajar siswa. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes, lembar observasi proses pembelajaran dan catatan lapangan, dokumentasi serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata persentase keaktivan siswa pada siklusnya yaitu siklus I nilai rata-rata keaktivan siswa 57,25% dan yang tidak aktiv sebesar 42,75%, dan siswa yang memenuhi nilai KKM sebanyak 19 siswa (59,62%), dengan nilai tertinggi adalah 100 dan nilai terendah adalah 25. Pada siklus II nilai rata-rata keaktivan siswa 72,57% dan yang tidak aktiv sebesar 27,43%, dan siswa mencapai KKM sebanyak 21 siswa (62,63%), dengan nilai tertinggi adalah 90 dan nilai terendah adalah 40, sehingga terjadi peningkatan pada siswa yang aktiv sebesar 15,32%. Dan pada siklus III terdapat siswa aktiv sebesar 80,95% dan siswa yang tidak aktiv sebesar 19,05% sehingga terdapat peningkatan siswa aktiv sebesar 8,38%, dan persentase siswa mencapai KKM meningkat menjadi 26 siswa (75,21%), dengan nilai tertinggi adalah 100 dan nilai terendah 45. Berdasarkan hasil pembahasan penelitian tersebut, bahwa model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas XI SMA N 1 Kedondong Kabupaten Pesawaran Tahun Ajaran 2010/2011.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Depositing User: UPT . TIK4
Date Deposited: 07 May 2015 01:50
Last Modified: 19 Oct 2015 04:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9751

Actions (login required)

View Item View Item