HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI DAN INTELEGENSI DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMP NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

0918011097, Rizki Putra Sanjaya (2013) HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI DAN INTELEGENSI DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMP NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Digital Library.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover dalam.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Persetujuan.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Riwayat hidup.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
papa.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Sanwacana.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Tabel.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Gambar.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab2.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab3.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img] Text
Bab4+bivariat.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79Kb)
[img] Text
Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8Kb)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (40Kb) | Preview

Abstrak

Prestasi belajar adalah salah satu cara menilai kualitas seorang anak. Prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor endogen (fisiologis dan psikologis) dan faktor eksogen. Faktor fisiologis terdiri dari status gizi dan panca indera, sedangkan faktor psikologis terdiri dari intelegensi, kemauan, bakat, dll. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober – Desember 2012 dengan metode cross-sectional untuk mengetahui hubungan antara status gizi dan intelegensi dengan prestasi belajar pada 128 siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2012-2013. Hasil penelitian menunjukkan status gizi siswa kategori overweight sebanyak 61%; kategori risk of overweight sebanyak 24%; kategori normal sebanyak 15%. Tingkat intelegensi siswa kategori superior sebanyak 55%; kategori high average sebanyak 26%; kategori average sebanyak 19%. Prestasi belajar siswa kategori baik sekali sebanyak 45%; kategori baik sebanyak 55%. Berdasarkan analisis bivariat didapatkan hubungan bermakna antara tingkat intelegensi dengan prestasi belajar (p=0,000), sedangkan tidak didapatkan hubungan bermakna antara status gizi dengan prestasi belajar (p=0,951). Berdasarkan analisis multivariat didapatkan hubungan bermakna antara tingkat intelegensi dengan prestasi belajar siswa (p=0,000), sedangkan sedangkan tidak didapatkan hubungan bermakna antara status gizi dengan prestasi belajar (p=0,953). Kata kunci: intelegensi, prestasi belajar, status gizi.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Depositing User: UPT . TIK5
Date Deposited: 07 May 2015 01:45
Last Modified: 07 May 2015 01:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9797

Actions (login required)

View Item View Item