PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS VII-B SMP TAMAN SISWA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Suyatno, APRI YANI (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS VII-B SMP TAMAN SISWA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (208Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (223Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (122Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (122Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (757Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (1101Kb)

Abstrak

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui pemanfaatan media gambar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa menulis puisi di kelas VII-B SMP Taman Siswa Gedong Tataan Tahun pelajaran 2012/2013 Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini melibatkan siswa kelas VII SMP Taman Siswa Gedong Tataan tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 25 siswa yang terdiri atas 10 laki-laki dan 15 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Jenis tes yang digunakan adalah tes tertulis. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Kenyataan menunjukkan bahwa sebelum tindakan dilakukan, kemampuan siswa menulis puisi masih kurang, ditunjukkan dengan nilai rata-rata 55,8 dan siswa yang mencapai KKM hanya 2 siswa dari 25 siswa. Hal ini belum mencapai KKM yang ditentukan, yaitu 65. Pada siklus I setiap siswa menulis puisi melalui media gambar yang belum berwarna. Aspek yang dinilai setiap siklus adalah aktivitas siswa dan guru. Hasil evaluasi pada siklus I menunjukkan bahwa aktivitas dan prestasi belajar siswa belum optimal. Pada siklus II dalam proses pembelajaran dan latihan menulis puisi guru menggunakan media gambar yang telah berwarna dan ditayangkan melalui LCD. Hasil evaluasi siklus II menunjukkan prestasi belajar siswa meningkat karena sesuai dengan indikator kerja yang menyatakan penelitian tindakan kelas berhasil, jika hasil belajar mencapai kriteria ketuntasan klasikal sebesar 80%. Hasil penelitian kemampuan menulis puisi, setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I, nilai rata-rata kemampuan siswa menulis puisi sebesar 62,6 dengan kategori cukup, siswa yang mencapai KKM 14 siswa dan yang tidak mencapai KKM 11 siswa. Pada siklus II, nilai rata-rata kemampuan siswa menulis puisi adalah 74,40 dengan kategori baik, siswa yang mencapai KKM 23 siswa dan yang tidak mencapai KKM 2 siswa. Dari dua siklus yang diterapkan, terjadi peningkatan kemampuan siswa menulis puisi. Peningkatan nilai rata-rata dari pengamatan siklus I dan siklus II sebesar 12% dan peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM 9 siswa. Berdasarkan indikator keberhasilan pada siklus II, bahwa media gambar yang diterapkan dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VII-B SMP Taman Siswa Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 10 Feb 2014 03:06
Last Modified: 10 Feb 2014 03:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/983

Actions (login required)

View Item View Item