PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA INDAH MELALUI TEKNIK PEMODELAN PADA SISWA KELAS VII-A SMP MUHAMMADIYAH BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Joesoef, BUDI MERY (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA INDAH MELALUI TEKNIK PEMODELAN PADA SISWA KELAS VII-A SMP MUHAMMADIYAH BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HAL. PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (356Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HAL. PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (365Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (332Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (105Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (167Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (195Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (398Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (51Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (2948Kb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tingkat kemampuan siswa dalam membaca indah melalui teknik pemodelan. Masalah dalam penelitian ini ialah meningkatkan kemampuan membaca indah melalui teknik pemodelan pada siswa kelas VII-A SMP Muhammadiyah Bandar Lampung tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan teknik pemodelan, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar pada setiap siklus terdiri atas 2 kali tatap muka (2x40 menit). Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengobservasian, dan refleksi. Pada siklus I setiap siswa membacakan puisi yang telah dipersiapkan guru. Pada pelaksanaan pembelajaran siklus II siswa membacakan puisi yang telah dipersiapkan sebelumnya oleh masing-masing siswa. Aspek yang diamati pada setiap siklus adalah aktivitas yang pembelajaran membaca puisi melalui teknik pemodelan yang berakhir dengan penilian yang dilakukan oleh guru terhadap siswa. Hasil evaluasi pada siklus I menunjukkan bahwa aktivitas dan prestasi belajar siswa belum optimal. Pada siklus II dalam proses pembelajaran guru memberikan bimbingan yang lebih intensif lagi kepada siswa, dengan cara membimbing siswa satu per satu. Hasil evaluasi siklus II menunjukkan prestasi belajar siswa meningkat karena sesuai dengan indikator kerja yang menyatakan penelitian tindakan kelas berhasil, jika hasil belajar siswa mencapai kriteria ketuntasan klasikal sebesar 75%. Hasil penelitian kemampuan membaca puisi pada setiap siklus terdapat peningkatan. prasiklus dari jumla siswa 26 orang yang telah mencapai KKM hanya 9 siswa atau dengan persentase 34,62% dan yang belum mencapai KKM 17 siswa atau dengan persentase 65,38%. Pada siklus I, saat pengambilan nilai secara individu membaca puisi yang mendapatkan nilai mencapai KKM hanya 12 dari 26 siswa atau dengan persentase 46,15% dan siswa yang belum mencapai KKM 14 dari 26 siswa atau dengan persentase 53,85% dan pada siklus II siswa yang telah mencapai KKM adalah 22 dari 26 siswa atau dengan persentase 84,62% dan yang belum mencapai KKM hanya 4 dari 26 siswa atau dengan persentase 15,38%.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 10 Feb 2014 03:11
Last Modified: 10 Feb 2014 03:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/990

Actions (login required)

View Item View Item