Sampurna, Abdan Syakur Febrianjaya (2013) PENGGUNAAN EUFEMISME DAN DISFEMISME PADA TAJUK RENCANA SURAT KABAR HARIAN RADAR LAMPUNG DAN LAMPUNG POST SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (71Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (438Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (370Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (487Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (108Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (210Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (103Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (528Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Updated Version Download (11Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (1050Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan eufemisme dan disfemisme pada tajuk rencana surat kabar harian Radar Lampung dan Lampung Post serta implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan eufemisme dan disfemisme pada tajuk rencana surat kabar harian Radar Lampung dan Lampung Post serta implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah teks tajuk rencana dalam surat kabar harian Radar Lampung dan Lampung Post. Data yang berupa teks dalam penelitian ini dianalisis dengan cara membaca tajuk rencana pada surat kabar harian Radar Lampung dan Lampung Post. Langkah selanjutnya menandai dan mengidentifikasi eufemisme dan disfemisme yang terkandung di dalam tajuk rencana. Terakhir, menyimpulkan hasil analisis penggunaan eufemisme dan disfemisme pada tajuk rencana serta mengimplikasikannya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat penggunaan eufemisme dan disfemisme pada tajuk rencana Radar Lampung dan Lanpung Post. Penulis tajuk rencana Radar Lampung dan Lampung Post lebih banyak menggunakan disfemisme dibandingkan dengan eufemisme. Eufemisme yang ditemukan berjumlah 18 data dan disfemisme berjumlah 77 data. Hal ini menunjukkan bahwa penulis tajuk rencana lebih sering mengkritisi berita dengan bahasa yang kurang menyenangkan. Penggunaan eufemisme dan disfemisme juga dapat diklasifikasikan berdasarkan bentuk gramatikal, referen, subjek yang dituju, tujuan, dan isinya. Berdasarkan bentuk gramatikal, eufemisme dan disfemisme diklasifikasikan bentuk; kata, frasa, dan klausa. Berdasarkan referannya, eufemisme dan disfemisme diklasifikasikan berdasarkan; peristiwa, keadaan, tindakan/perilaku, karakter/sifat, orang, dan tempat. Berdasarkan tujuannya, ii eufemisme diklasifikasikan berdasarkan tujuan; mengaburkan, menenangkan, dan mempersopan. Sementara disfemisme dapat diklasifikasikan berdasarkan tujuannya; menguatkan, menakutkan, menyeramkan, menjijikkan, dan mengerikan. Berdasarkan subjek yang dituju, eufemisme dan disfemisme diklasifikasikan berdasarkan subjek; orang, masyarakat dan golongan. Eufemisme dan disfemisme berimplikasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Pembelajaran yang berkaitan dengan eufemisme dan disfemisme ada pada kompetensi berbicara di kelas X semester genap, yaitu menyampaikan kritikan. Tajuk rencana Radar Lampung dan Lampung Post dapat digunakan sebagai bahan ajar karena kedua surat kabar tersebut terdapat penggunaan eufemisme dan disfemisme dalam menyampaikan kritikan.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education > PK Indo-Iranian |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 10 Feb 2014 03:29 |
Terakhir diubah: | 10 Feb 2014 03:29 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/998 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |