@misc{eprints10008, month = {Mei}, title = {STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN TIPE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 NEGARA BATIN TAHUN PELAJARAN 2014/2015}, author = {1113031025 Eka Setiawati}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/10008/}, abstract = {ABSTRAK STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN TIPE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 NEGARA BATIN TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Oleh EKA SETIAWATI Melihat hasil belajar yang belum optimal, maka perubahan dalam proses pembelajaran yang menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan seharusnya mulai diterapkan disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI dan tipe PBL jika dikaitkan kemampuan berpikir kreatif. Metode eksperimen yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimental design). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Negara Batin pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 4 kelas sebanyak 126 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varians dua jalan dan t-test dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukaan (1) ada perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS Terpadu melalui model pembelajaran GI dan tipe PBL; (2) rata-rata hasil belajar IPS Terpadu pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih tinggi dibandingkan dengan tipe PBL; (3) rata-rata hasil belajar IPS Terpadu pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih rendah dibandingkan dengan tipe PBL; (4) ada interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dengan kemampuan berpikir kreatif siswa. Kata kunci : GI, hasil belajar, kemampuan berpikir kreatif , PBL} }