%0 Generic %9 Other %A Amalya Oudri Windi Mulyadi, 1113031009 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:10021 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) DAN ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU UNTUK MENINGKATKAN RASA EMPATI SISWA DENGAN MEMPERHATIKAN INTELLIGENCE QUOTIENT (IQ) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 20 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2014/2015 %U http://digilib.unila.ac.id/10021/ %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran tipe inside outside circle dan role playing dalam pembelajaran IPS Terpadu untuk meningkatkan rasa empati siswa dengan memperhatikan tingkat intelligence quotient pada siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini berjumlah dengan 210 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil berdasarkan cluster random sampling yaitu berjumlah 69 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pebedaan antara rasa empati siswa yang diberikan model pembelajaran inside outside circle dengan siswa yang diberikan model pembelajaran role playing, (2) rasa empati siswa yang diberikan model pembelajaran inside outside circle lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberikan model pembelajaran role playing bagi siswa yang memiliki tingkat intelligence quotient tinggi dalam pembelajaran IPS Terpadu, (3) rasa empati siswa yang diberikan model pembelajaran role playing lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberikan model pembelajaran inside outside circle bagi siswa yang memiliki tingkat intelligence quotient rendah dalam pembelajaran IPS Terpadu, dan (4) ada interaksi antara model pembelajaran dengan intelligence quotient terhadap rasa empati siswa. Kata kunci: empati, inside outside circle, intelligence quotient, role playing