@misc{eprints10022, month = {April}, title = {STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) DAN COOPERATIVE SCRIPT DENGAN MEMPERHATIKAN SIKAP TERHADAP MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 BANDARLAMPUNG TAHUN AJARAN 2014/2015}, author = {1113031007 Aisah Novita NURHIDAYATI}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/10022/}, abstract = {ABSTRAK STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) DAN COOPERATIVE SCRIPT DENGAN MEMPERHATIKAN SIKAP TERHADAP MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 BANDARLAMPUNG TAHUN AJARAN 2014/2015 Oleh AISAH NOVITA NURHIDAYATI Penelitian komparatif ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar mata pelajaran ekonomi yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi dan interaksi antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model SFAE dan Cooperative Script dengan memperhatikan sikap positif dan negatif terhadap mata pelajaran. Metode yang digunakan eksperimen semu. Uji hipotesis menggunakan Analisis Varians Dua Jalan ( ANAVA ) dan T-test dua sampel independen. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa 1) Terdapat perbedaan antara hasil belajar ekonomi model SFAE dengan Cooperative Script 2) Hasil belajar ekonomi menggunakan model SFAE lebih tinggi dibandingkan Cooperative Script pada siswa yang memiliki sikap positif 3) Hasil belajar ekonomi menggunakan model SFAE lebih rendah dibandingkan Cooperative Script pada siswa yang memiliki sikap negatif 4) Ada interaksi antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model SFAE dan Cooperative Script dengan memperhatikan sikap positif dan negatif terhadap mata pelajaran. Kata Kunci : Cooperative Script, hasil belajar, sikap siswa, student facilitator and explaining} }