?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PERBANDINGAN+PENGGUNAAN+MODEL+KOOPERATIF+LEARNING%0D%0ATIPE+STAD+DAN+TIPE+JIGSAW+TERHADAP+AKTIVITAS+BELAJAR+DAN+PENGUASAAN+MATERI+OLEH+SISWA%0D%0APADA+MATERI+POKOK+EKOSISTEM%0D%0A(Eksperimental+Semu+pada+Siswa+Kelas+VII+Semester+Genap+SMP+Pangudi+Luhur+Bandar+Lampung+Tahun+Pelajaran+2012%2F2013)&rft.creator=Paulus+Samino%2C+CICILIA+RINA+FITRIANI&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=LB1501+Primary+Education&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+perbandingan+penggunaan+model%0D%0Akooperatif+Learning+tipe+STAD+dan+tipe+Jigsaw+terhadap+aktivitas+belajar+dan%0D%0Apenguasaan+materi+oleh+siswa.%0D%0APenelitian+ini+merupakan+kuasi+eksperimental+dengan+desain+pretes+postes+non-%0D%0Aequivalen.+Sampel+penelitian+adalah+siswa+kelas+VII%0D%0AA%0D%0Adan+VII%0D%0AC%0D%0Ayang+dipilih+dari%0D%0Apopulasi+secara+purposive+sampling.+Data+penelitian+ini+berupa+data+kuantitatif%0D%0Adan+kualitatif.+Data+kuantitatif+berupa+penguasaan+materi+oleh+siswa+yang%0D%0Adiperoleh+dari+rata-rata+nilai+pretes%2C+postes+dan+N-gain+yang+dianalisis+secara%0D%0Astatistik+menggunakan+uji-t+dan+uji+U+dengan+taraf+5%25.+Data+kualitatif+berupa%0D%0Aaktivitas+belajar+siswa+dan+angket+tanggapan+siswa+yang+dianalisis+secara%0D%0Adeskriptif.%0D%0AHasil+penelitian+ini+menunjukkan+bahwa+penggunaan+model+pembelajaran%0D%0Akooperatif+tipe+STAD+dan+Jigsaw+sama-sama+dapat+meningkatkan+penguasaanEkosistem+yang+pembelajarannya+menggunakan+model+pembelajaran+Jigsaw+(N-%0D%0Again+68%2C94)+lebih+tinggi+dibandingkan+siswa+yang+menggunakan+model+STAD+(N-%0D%0Again+59%2C17).+Indikator+C4+(Aplikasi)+merupakan+indikator+tertinggi+yang+dicapai%0D%0Asiswa+pada+kelas+yang+menggunakan+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+Jigsaw%0D%0A(N-gain+81%2C43)%2C+sedangkan+pada+kelas+yang+menggunakan+model+pembelajaran%0D%0Akooperatif+tipe+STAD+adalah+indikator+C5+(N-gain+64%2C57).+Selain+itu%2C+penggunaan%0D%0Amodel+pembelajaran+kooperatif+tipe+STAD+dan+Jigsaw+juga+sama-sama%0D%0Ameningkatkan+aktivitas+belajar+siswa.+Aktivitas+belajar+siswa+yang+menggunakan%0D%0Amodel+pembelajaran+kooperatif+tipe+Jigsaw+(+82)+lebih+tinggi+dibandingkan%0D%0Adengan+model+STAD+(+73).+Aspek+mengemukakan+pendapat+merupakan+aktivitas%0D%0Atertinggi+yang+dilakukan+siswa+pada+kelas+yang+menggunakan+model%0D%0Apembelajaran+kooperatif+tipe+Jigsaw+(+84).+Selain+itu%2C+sebagian+besar+siswa%0D%0Amemberikan+tanggapan+positif+terhadap+penggunaan+model+STAD+dan+Jigsaw.%0D%0ADengan+demikian%2C+penggunaan+model+STAD+dan+Jigsaw+berpengaruh+terhadap%0D%0Apeningkatan+aktivitas+belajar+dan+penguasaan+materi+oleh+siswa+pada+materi+pokok%0D%0AEkosistem.&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2013-03-18&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1005%2F1%2F3.%2520COVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1005%2F2%2F1.%2520%2520ABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1005%2F3%2F4.%2520LEMBAR%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1005%2F5%2F5.%2520LEMBAR%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1005%2F6%2F6.%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1005%2F7%2F11.DAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1005%2F8%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1005%2F9%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1005%2F10%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1005%2F11%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1005%2F12%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1005%2F13%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=archive&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1005%2F14%2FLAMPIRAN.zip&rft.identifier=++Paulus+Samino%2C+CICILIA+RINA+FITRIANI++(2013)+PERBANDINGAN+PENGGUNAAN+MODEL+KOOPERATIF+LEARNING+TIPE+STAD+DAN+TIPE+JIGSAW+TERHADAP+AKTIVITAS+BELAJAR+DAN+PENGUASAAN+MATERI+OLEH+SISWA+PADA+MATERI+POKOK+EKOSISTEM+(Eksperimental+Semu+pada+Siswa+Kelas+VII+Semester+Genap+SMP+Pangudi+Luhur+Bandar+Lampung+Tahun+Pelajaran+2012%2F2013).++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1005%2F