creators_name: Desi Fatmawati, 1113031018 creators_id: desifatmawati272@gmail.com type: other datestamp: 2015-05-29 06:51:22 lastmod: 2015-05-29 06:51:22 metadata_visibility: show title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN SPIRITUAL PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015 ispublished: pub subjects: General subjects: HB subjects: LC full_text_status: restricted abstract: ABSTRAK EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETIME TOKEN DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN SPIRITUAL PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Oleh DESI FATMAWATI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran yang menggunakan model kooperatif tipe Time Token dengan model TS-TS untuk meningkatkan keterampilan sosial dengan memperhatikan kecerdasan spiritual . Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pendekatan komparatif yang dilakukan terhadap dua kelas sampel yang dipilih dengan metode cluster random sampling dengan diberikan perlakuan berbeda. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan penilaian antarteman. Pengujian hipotesis menggunakan uji t-test dua sampel independen dan analisis varian dua jalan. Hasil penelitian menunjukkan data sebagai berikut. 1. Terdapat perbedaan keterampilan sosial yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Time Token dengan siswa yang pembelajarannya menggunkan model TS-TS pada mata pelajaran IPS Terpadu, dari hasil pengujian diperoleh koeifisien Fhitung sebesar 25,134 dengan Signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. 2. Keterampilan sosial yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Time Token lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran TSTS bagi siswa yang memiliki kecerdasan spiritual tinggi pada mata pelajaran IPS Terpadu, diperoleh koefisien thitung sebesar 13,279 > ttabel 2,093 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. 3. Keterampilan sosial yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran (TSTS) lebih efektif dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran Time Token bagi siswa yang memiliki kecerdasan spiritual rendah pada mata pelajaran IPS Terpadu, diperoleh koefisien thitung sebesar -4,725 > ttabel -2,093 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. 4. Terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan kecerdasan spiritual pada mata pelajaran IPS Terpadu terhadap keterampilan sosial siswa, diperoleh dari hasil pengujian koefisien Fhitung sebesar 151,586 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, Kata kunci: kecerdasan spiritual, keterampilan sosial, Time Token, TS-TS. date: 2015-04-22 date_type: published publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan place_of_pub: Universitas Lampung institution: UNIVERSITAS LAMPUNG department: FKIP thesis_type: other citation: Desi Fatmawati, 1113031018 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN SPIRITUAL PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/10055/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10055/2/COVER%20%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10055/4/MENYETUJUI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10055/3/MENGESAHKAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10055/7/SURAT%20PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10055/6/RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10055/5/PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10055/8/MOTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10055/9/SANWACANA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10055/10/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10055/11/DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10055/12/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10055/13/DAFTAR%20GAMBAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10055/14/DAFTAR%20GRAFIK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10055/15/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10055/16/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10055/18/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10055/20/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10055/17/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10055/19/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf