%0 Generic %9 Other %A Dyanti Mahrunnisya, 1113031021 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:10069 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN AWAL PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 BANDAR LAMPUNGTAHUN PELAJARAN 2014/2015 %U http://digilib.unila.ac.id/10069/ %X ABSTRAK STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN AWAL PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 BANDAR LAMPUNGTAHUN PELAJARAN 2014/2015 Oleh DYANTI MAHRUNNISYA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dan SFAE untuk meningkatkan hasil belajar, jika dikaitkan dengan kemampuan awal yang dimiliki siswa pada mata pelajaran ekonomi. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan komparatif. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada perbedaan yang signifikan hasil belajar ekonomi melalui model pembelajaran TSTS dan SFAE, (2) ada perbedaan hasil belajar ekonomi antar siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, sedang, dan rendah (3) hasil belajar ekonomi pada siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe SFAE lebih tinggi dibandingkan dengan tipe TSTS, (4) hasil belajar ekonomi pada siswa yang memiliki kemampuan awal sedang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe SFAE lebih tinggi dibandingkan dengan tipe TSTS, (5) hasil belajar ekonomi pada siswa yang memiliki kemampuan awal rendah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe SFAE lebih rendah dibandingkan dengan tipe TSTS, (6) ada interaksi yang antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa, (7) ada perbedaan efektivitas antar model kooperatif tipe SFAE dan TSTS. Kata Kunci : Hasil Belajar, Kemampuan Awal, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS dan SFAE