TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints1008 UR - http://digilib.unila.ac.id/1008/ A1 - Sumarjo, ADES PANGESTU Y1 - 2013/02/03/ N2 - Hasil observasi yang diperoleh di SMP Negeri 3 Metro adalah bahwa keterampilan proses sains siswa pada materi pokok ciri-ciri makhluk hidup masih rendah, karena itu diperlukan solusi untuk meningkatkan KPS siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan KPS siswa dalam pembelajaran adalah menggunakan metode praktikum dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode praktikum dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap KPS dan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Mei 2013 di SMP Negeri 3 Metro. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain pretes-postes kelompok ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII E dan VII F yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji t dan uji U dengan bantuan program SPSS versi 17. Data kualitatif berupa rata-rata persentase aktivitas siswa dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan metode praktikum dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa KPS siswa dalam semua aspek (mengobservasi, mengidentifikasi, mencatat data, menginterpretasi dan menginferensi) mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai pretes (35,55); postes (64,58); N-gain (44,07). Peningkatan juga terjadi pada aktivitas belajar siswa dengan rata-rata berkriteria baik. Pada aspek mengemukakan pendapat bernilai sebesar 80,21%; bekerjasama dengan teman 81,25%; melakukan kegiatan diskusi 83,33%; dan menjawab pertanyaan 79,17%. Selain itu, semua siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan metode praktikum dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode praktikum dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berpengaruh dalam meningkatkan KPS dan akivitas belajar siswa. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENGARUH PENGGUNAAN METODE PRAKTIKUM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013) AV - restricted ER -